Banser Ikut Amankan Natal

Nasional / 18 December 2010

Kalangan Sendiri

Banser Ikut Amankan Natal

daniel.tanamal Official Writer
2861

Jelang hari raya Natal, Kepolisian terus meningkatkan keamanan. Persiapan pun terus dilakukan termasuk juga menggandeng beberapa organisasi masyarakat untuk turut membantu menjaga keamanan dan ketentraman malam kudus nanti.

Usai Front Pembela Islam (FPI) telah menegaskan akan ikut menjaga keamanan pada malam Natal nanti, organisasi pemuda yang juga pada tiap tahunnya selalu membantu menjaga keamanan natal bahkan juga hari raya Paskah, Barisan Anshor Serbaguna (Banser) akan ikut mengawal natal dengan koordinasi penuh Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak.

Penjagaan ini juga bagian salah satu dari jalinan kerjasama antar umat beragama. “Banser ini dilibatkan untuk menjalin kerjasama dan kerukunan umat beragama,” terang Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Yuda Gustawan, Jumat (17/12/2010).

Selain Banser, di Surabaya pengawalan akan dilakukan TNI antara lain dari Kodim 0830, Kolinamil, Koterm, dan Polairud. Sedangkan dari instansi yang ada di kawasan Tanjung Perak, antara lain KPLP, Port Security, Dishub, Pertamina, PLTU, Bogasari, Organda, RS PHC, PMK, Pramuka, dan Orari.

Untuk PAM Natal dan Tahun Baru ini disiagakan 257 personel gabungan dari sejumlah kesatuan dan instansi. Mereka akan disebar di 12 titik lokasi peribadatan dan sejumlah keramaian yang banyak dikunjungi warga. Pengamanan yang diberi nama Operasi Lilin Semeru ini, akan dilakukan sejak tanggal 24 Desember 2010 hingga 1 Januari 2011.

Kasubag Humas Polres Pelabuhan AKP Lily Djafar menambahkan pengamanan ini untuk mengantisipasi hal yang terburuk di tengah masyarakat. Mengingat kondisi akhir-akhir ini ancaman teroris dan bom kerap meresahkan masyarakat. “Antisipasi lebih dini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” tukasnya.

Momen seperti inilah juga yang harus umat percaya tunjukan kepada para mitra yang sudah mau meluangkan waktu untuk menjaga keamanan pada natal tiba. Kecurigaan kita singkirkan berbarengan dengan sikap kebersamaan yang harus kita tumbuhkan.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami