Proverbial Wallet, Dompet Penghemat Uang

Nasional / 11 December 2010

Kalangan Sendiri

Proverbial Wallet, Dompet Penghemat Uang

Lois Official Writer
3282

Mungkin bagi sebagian orang, jika tidak bisa dibilang sebagian besar, tidak mudah untuk mengerem keinginan impulsif mereka untuk berbelanja. Untungnya, hal ini sudah bisa diatasi dengan kehadiran tiga buah dompet ajaib besutan para ilmuwan dari Massachussets Institute of Technology.

Bagaimana tidak, dengan dompet-dompet yang dinamakan Proverbial Wallet ini, penggunanya bisa semakin mudah mengendalikan pengeluaran mereka karena dompet-dompet ini dirancang untuk bisa mengetahui kondisi financial pemiliknya.

Dompet pertama dinamakan Bumblebee. Karena dilengkapi dengan vibrator, dompet ini akan bergetar setiap kali rekening pemilik dompet itu tengah berubah. Setiap kali transaksi keuangan terjadi, dompet akan mengetahuinya. Dia bisa bergetar dengan pola getar yang bisa deprogram. Bahkan ia juga bisa disetel untuk memperingatkan bila ada upaya penipuan, misalnya ketika dompet bergetar tanpa adanya sebuah transaksi pembelian yang dilakukan oleh pemiliknya.

Dompet kedua dinamakan Peacock. Dompet ini bisa mengembang dan mengempis seiring dengan kondisi keuangan pemiliknya. Bila keuangannya dalam keadaan baik, tentu saja dompet ini akan mengembang. Begitu pula sebaliknya. Kegunaan dompet ini agar pemiliknya waspada jika dompet mulai mengempis.

Dompet ketiga yaitu dompet model Mother Bear yang bisa membuka atau menutup sesuai dengan kondisi keuangan pemiliknya. Ia dilengkapi dengan engsel yang terkoneksi dengan internet dan mengetahui posisi rekening bank pemiliknya. Saat uang pemiliknya masih tebal, dompet tersebut masih mudah dibuka, sementara bila kondisi keuangan sudah semakin menipis, maka dompet itu akan semakin sulit dibuka, sehingga ‘memaksa’ pemilik dompet untuk lebih berhemat.

Adapun dompet-dompet ini terhubung dengan data rekening bank pemiliknya melalui internet, lewat sinyal Bluetooth yang dipancarkan oleh ponsel. Platform ini memanfaatkan mikroporsesor yang ditanam di dompet.

“Ini adalah cara untuk membuat sesuatu yang tidak memiliki property fisik, misalnya rekening bank, bisa lebih terasa secara fisik,” kata Henry Holtzman, direktur riset yang merancang dompet-dompet ini. Yang terpenting, dompet-dompet ini diharapkan bisa membuat uang pemiliknya lebih awet dan terkendali dalam penggunaannya.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami