Friends Forever!

Single / 10 December 2010

Kalangan Sendiri

Friends Forever!

Lestari99 Official Writer
7300

Persahabatan tidak memiliki batas dan teman-teman tidak mengenal batas. Mereka mengasihi Anda tanpa syarat, menerima Anda apa adanya dan selalu bersama dengan Anda melalui saat-saat yang sulit.

Hidup bicara mengenai pilihan yang kita buat. Namun seringkali, dalam berbagai situasi, keadaan dan juga orang-orang yang berada di sekitar kita, akan sangat mempengaruhi pilihan-pilihan dalam hidup kita.

Hubungan merupakan bagian dan paket dari eksistensi manusia dan berdampak pada gaya hidup alami dan jalan hidup yang kita jalani. Hubungan yang menyenangkan, jika saling memuaskan, menyenangkan, dan menguntungkan bagi pribadi demi pribadi untuk berbagi. Dan juga, hubungan yang sehat meringankan dampak negatif dari kegagalan dan meningkatkan perasaan keberhasilan dan prestasi dalam hidup. Persahabatan merupakan salah satu jenis hubungan yang memainkan peranan penting dalam hidup bermasyarakat, sejak masa kecil sampai usia dewasa.

Teman Sejati

Persahabatan sebagai sebuah hubungan, memiliki beberapa makna umum dan konotasi, sedangkan begi beberapa orang memiliki fungsi khusus. Umumnya, orang-orang menggambarkan teman sebagai seseorang dengan siapa mereka dapat berbagi rahasia mereka, tawa dan tangis, tempat bergantung pada saat dibutuhkan dan di atas semuanya kebersamaan dimana mereka bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu mengenakan topeng.

Seorang sahabat sejati sering dianggap sama seperti saat kita berhubungan dengan orang yang kita kasihi, seseorang yang menerima kita tanpa syarat. Beberapa orang bahkan mengatakan mereka hanya dapat bersahabat dengan mereka yang memiliki minat dan hobi yang sama, nilai dan keyakinan yang sama, sementara beberapa orang lainnya mengatakan mereka mendapatkan yang terbaik dari persahabatan meskipun terdapat perbedaan dalam pilihan hidup maupun pola hidup mereka.

Beberapa orang percaya mereka hanya perlu memiliki beberapa teman baik sementara bagi sebagian orang lainnya, kuantitas atau semakin banyak sahabat dapat membuat mereka mencapai apa yang diinginkan. Persahabatan merupakan suatu pola hubungan yang seringkali tidak terikat oleh geografis maupun batas-batas budaya. Kita dapat melihat persahabatan antar negara dimana mereka juga dapat saling berbagi. Hubungan darah juga dapat mendasari persahabatan. Banyak keluarga yang mengatakan persahabatan yang terjadi akibat adanya hubungan darah dalam keluarga besar membuat mereka bisa tetap dekat, memungkinkan mereka untuk saling menerima tanpa syarat dan juga membuat mereka senang untuk berada di lingkungan keluarga mereka.

Banyak juga orang yang mengatakan bahwa teman terbaik adalah diri mereka sendiri, sementara bagi beberapa lainnya sahabat terbaik adalah buku ataupun televisi. Bagi beberapa orang, diri mereka maupun barang-barang tersebut dapat memberikan bimbingan maupun dukungan secara emosional, sementara bagi orang lainnya buku dan TV membuat mereka merasa terhubung secara sosial sekaligus memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu luang. Hal ini tentu saja menggambarkan bagaimana dinamis dan beragamnya makna yang terkandung di balik sebuah kata yang disebut persahabatan ini.

Teman Dan kebebasan

Pengasuhan dalam keluarga tanpa diragukan lagi memberikan dampak terhadap nilai, keyakinan, pola perilaku dan pilihan gaya hidup anak-anak mereka. Di masa kanak-kanak, orangtua biasanya memberikan dukungan penuh kepada anak-anak mereka. Menariknya, kehadiran ‘teman bayangan’ di antara anak-anak kecil menunjukkan kebutuhan untuk dimiliki dan dikasihi, dan kehadiran sahabat menjamin hal itu di usia muda mereka. Seiring dengan pertumbuhan mereka menjadi remaja, teman menjadi semakin penting dan pada akhirnya berdampak pada pilihan karir dan pendidikan, cara berpakaian, tingkah laku dan pilihan hidup lainnya; namun bagi kebanyakan remaja, orangtua tetap menjadi pendukung emosional yang paling kuat bagi mereka.

Saya mengenal seorang remaja yang memiliki persahabatan dalam kelompok yang besar selama tahun sekolah yang dijalaninya. Setelah lulus kelas 10, sebagian besar dari mereka memutuskan untuk mengambil karir di bidang tekhnik. Remaja ini merskipun memiliki nilai dan ketertarikan rendah terhadap hal-hal tekhnik, juga memilih bidang itu karena ia takut akan kehilangan persahabatan dengan teman-temannya yang telah terjalin sekian lama. Ia kemudian menderita secara akademis dan disarankan untuk menjalani konseling. Pentingnya untuk membuat pilihan karir yang tepat berdasarlan bakat dan juga faktor-faktor lainnya seperti halnya kemampuan mental juga disampaikan kepada anak ini. Ia juga harus mengatasi ketakutannya akan kehilangan sahabat. Dengan psikoterapi yang efektif, ia kemudian menyadari ia perlu mengubah keyakinan dan perilakunya. Saat ini ia mengejar karir dalam bidang perdagangan, dan persahabatan dengan teman-temannya tetap utuh dan mereka berbahagia bersama.

Ikatan Persahabatan

Kasus ini menunjukkan persahabatan yang tidak hanya dekat secara fisik tapi juga secara emosional dan keterkaitan sosial, yang dapat terus terjalin meskipun sahabat tidak berada di sekitar kita. Persahabatan terkadang dapat dipandang secara negatif sebagaimana dikenal dengan sebutan ‘gang’ di antara remaja, dimana para remaja cenderung terlibat dalam gaya hidup yang salah, masalah seksual, perilaku menyimpang dan kenakalan lainnya serta kecanduan untuk mendapatan penerimaan. Fenomena ini dapat disebut sebagai tekanan persahabatan yang membahayakan pilihan-pilihan hidup yang sesuai bagi para remaja, dan dapat mendatangkan kerugian bagi kehidupan mereka. Di seluruh kelompok usia, salah memilih teman dapat berakibat pada kehidupan keluarga dan pekerjaan seseorang dan di atas semuanya dapat mempengaruhi kepribadian dan juga kemandiriannya.

Ketergantungan Dalam Persahabatan

Setiap hubungan memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, demikian juga dengan persahabatan tanpa terkecuali. Agar persahabatan dapat terus bertumbuh, masing-masing pribadi yang terlibat dalam persahabatan harus konsisten dalam menganalisis perilaku diri sendiri dan orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengakui kebenaran bahwa teman-teman kita dapat mempengaruhi pilihan-pilihan kita di dalam hidup. Semakin besar saling ketergantungan di dalam persahabatan, semakin banyak kebahagiaan yang didapatkan masing-masing pribadi dari persahabatan itu. Jika salah satu pihak sangat tergantung pada yang lain, persahabatan itu justru dapat menjadi beban bagi pihak yang lain. Mungkin mudah bagi mereka yang memiliki minat dan gaya hidup yang sama untuk mendapatkan kesenangan dari persahabatan mereka, namun perhatian lebih perlu diberikan ketika teman yang memiliki perbedaan dalam minat dan gaya hidup berbagi persahabatan.

Mungkin perlu untuk dicatat bahwa harapan dan ide yang kita miliki dalam persahabatan, sebagai sebuah konsep, berubah sejalan dengan usia dan persahabatan menjadi suatu hal yang lebih penting daripada sebelumnya.

Penerimaan akan hal-hal yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan merupakan bagian dari suatu hubungan dan penerimaan tanpa syarat dapat membantu kita untuk menghargai saat-saat indah dalam hidup ini. Maka penting bagi setiap kita untuk memahami bahwa fenomena persahabatan secara universal adalah hubungan yang menyenangkan dimana kita menjadi bagian di dalamnya. Setiap kita memiliki gagasan dan harapan yang berbeda tentang hubungan secara umum dan persahabatan pada khususnya.

Persahabatan merupakan suatu hubungan yang adaptif dan selalu berkembang. Setiap kita secara sadar dituntut untuk sepenuhnya memahami dan mengkomunikasikan gagasan dalam persahabatan sebagai sebuah pola dalam hubungan. Lebih jauh hal ini dapat memotivasi kita mencipakan iklim yang kondusif bagi persahabatan kita untuk berkembang.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami