Kritik Yang Menghancurkan Hubungan

Single / 8 December 2010

Kalangan Sendiri

Kritik Yang Menghancurkan Hubungan

Lestari99 Official Writer
4755

Ketika Anda masih kecil, apakah pernah ada seseorang yang berusaha mencoba untuk menggertak Anda, atau mengatakan tentang bagaimana buruknya Anda terlihat, atau pakaian yang Anda kenakan, atau menjatuhkan Anda dalam setiap kesempatan yang mereka bisa, atau tidak menyukai Anda dan bercerita kepada orang lain untuk tidak menyukai Anda juga? Apakah Anda ingat perasaan Anda saat itu? Itu bukanlah perasan yang menyenangkan.

Berita terbaru menceritakan tentang anak-anak yang telah begitu dipermalukan dan disiksa oleh teman-temannya. Mereka meresponi hal itu dengan menyia-nyiakan hidup mereka sendiri dengan pergi ke sekolah dan menembaki orang-orang. Hal ini memang tidak logis namun menunjukkan jenis siksaan emosional dimana mereka tersiksa dengan kritikan yang terngiang-ngiang di dalam pikiran mereka.

Kritik merupakan perusak yang kuat dan berbahaya dari sebuah hubungan – bukan hanya untuk anak-anak dengan teman sebaya mereka tapi juga dalam hubungan dengan lawan jenis. Seringnya mereka yang dikritik akan merasa rendah diri, sakit hati, tidak layak, merasa malu dan bersalah.

Ketika seseorang dikritik berulangkali, harga diri mereka berkurang dan mereka mungkin gagal untuk menjalani hidupnya sesuai dengan potensi maksimal mereka. Jika Anda menginginkan yang terbaik bagi pasangan Anda, yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi kritikan dan jadilah pasangan yang saling melengkapi. Sangatlah penting bagi pasangan untuk menciptakan lingkungan dimana kedua belah pihak dapat memenuhi kebutuhan satu sama lain untuk lebih terkoneksi dengan penuh cinta.

Quote dari William Arthur Ward ini dapat menggambarkan dengan sangat jelas bagaimana perasaan pasangan Anda sebenarnya:

“Sanjung saya, dan saya mungkin tidak akan mempercayai Anda. Kritik saya dan saya mungkin tidak akan menyukai Anda. Acuhkan saya dan saya mungkin tidak akan mengampuni Anda. Beri semangat kepada saya dan saya tidak akan melupakan Anda. Cintai saya dan saya akan dipaksa untuk mencintai Anda.”

Sumber : mfgmarriage.com
Halaman :
1

Ikuti Kami