Pengungsi Wasior : Syukur pada Tuhan Kami Dipulangkan

Pengungsi Wasior : Syukur pada Tuhan Kami Dipulangkan

Lois Official Writer
2422

Ribuan pengungsi korban banjir bandang di Wasior, Teluk Wondana, Papua Barat yang dievakuasi pasca banjir ke Manokwari akan dipulangkan hari ini. Para pengungsi telah melakukan persiapan untuk kepulangan mereka. “Kami senang, sudah bisa pulang, syukur pada Tuhan,” kata Yosephina, korban banjir Wasior.

Ketika diberitahukan oleh petugas setempat bahwa mereka akan dipulangkan beberapa hari yang lalu, mereka mulai merapikan barang bawaan mereka. “Kami sudah satu bulan lebih di sini, terima kasih pada pemerintah yang sudah dengan cepat membangun hunian bagi kami,” kata Isidorus, warga lainnya.

Para pengungsi ditempatkan dalam kelompok-kelompok tertentu. Selain tenda pengungsi, juga ada sejumlah tenda instansi pemberi bantuan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jumlah pengungsi dicatat oleh BNPB sejumlah 2.652 yang tetap bertahan di Wasior dan ribuan lainnya yaitu sejumlah 4.771 ditampung di Manokwari.

Mereka itulah yang akan dipulangkan secara bertahap dengan KRI Teluk Ende. “Kita berharap kepulangan warga dapat lancar dan tertib,” kata Koordinator Penanggulangan Banjir Wasior, Letnan Kolonel Edward Sitorus.

 

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami