Kala Duka Berganti Suka di Merapi

Kala Duka Berganti Suka di Merapi

Lois Official Writer
2970

Selalu ada hal yang indah di balik suatu musibah. Bencana tak selamanya meninggalkan duka. Ada kalanya duka itu akan berlalu dan suka akan menggantikannya. Tertarik langsung melihat langsung kondisi lereng Gunung Merapi setelah erupsi, Dusun Bendo Desa Mangunsoko Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, kini ramai didatangi orang. “Jadi kayak tempat rekreasi,” kata Kepala Desa Haryadi kepada Tempo, Kamis (2/12) siang.

Menurut Haryadi, sebanyak 20 persen dari 116 hektar lahan pertania di desanya kini terkubur material vulkanik. Hamparan sawah yang sebelumnya hijau dipandang, kini berubah mirip gurun. Material vulkanik yang terdiri dari pasir dan batuan besar itu juga telah mengubur aliran sungai hingga setebal lebih dari 5 meter. Pemandangan itulah yang menarik perhatian orang. Sedikitnya puluhan orang, dari dalam maupun luar Magelang, datang ke dusun itu untuk melihat langsung sisa banjir lahar dingin.

Banyak dari mereka bahkan datang dengan secara rombongan dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Beberapa di antara mereka terlihat mengabadikan pemandangan baru itu dengan kamera digital atau kamera di telepon selular. “Kepingin lihat, penasaran ingin tahu sendiri,” kata Suwarsih (38), seorang warga Muntilan, Magelang.

Bersama sekitar 15 orang tetangganya, yang sawahnya juga terkubur material vulkanik Merapi, Riyanto memiliki kegiatan baru. Dia menyediakan jasa parkiran kendaraan milik orang-orang yang datang melihat sisa banjir lahar dingin. Dua buah boks yang terbuat dari kardus bekas diletakkan di sisi jalan menuju sungai. jadi sekedar wadah uang sumbangan dari orang-orang yang datang.

Secara sukarela, orang-orang memberikan sumbangan di kotak tersebut. Dalam sehari, lanjut Riyanto, sedikitnya Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu bisa dia kumpulkan dari boks itu. Setelah dipotong buat konsumsi warga, sisa uang ditabung sebagai kas dusun. Rencananya, warga akan membeli satu set generator listrik dari hasil uang parkir dadakan itu.

Sumber : tempointeraktif/lh3

Ikuti Kami