Video Patung Tuhan Yesus Dikerumuni Semut Di Protes Keras

Internasional / 2 December 2010

Kalangan Sendiri

Video Patung Tuhan Yesus Dikerumuni Semut Di Protes Keras

daniel.tanamal Official Writer
5000

Sebuah hasil video karya seni provokatif sempat dipamerkan di Smithsonian National Portrait Gallery di Washington, Amerika Serikat pada bagian pameran"Hide/Seek" yang sedang berlangsung. Video berdurasi 4.11 menit dengan judul “A Fire in My Belly” itu memperlihatkan patung Tuhan Yesus dikerubuti semut.

Kontan saja hal ini membuat aktivis keagamaan, Catholic League pimpinan Bill Donohue meradang dan memprotes video buatan David Wojnarowicz. Sadar jika video tersebut akan menimbulkan gelombang protes berkelanjutan, pihak galeri pada Selasa (30/11) lalu pun buru-buru mencopotnya.

Donohue mengatakan, video yang menggambarkan semut-semut mengerubuti sebuah patung Yesus disalib itu merupakan "ungkapan kebencian" dan dirancang untuk menghina kaum Kristen. "Ini bukan pertama kalinya Smithsonian menghina kami. Mengapa pemerintah membayar untuk ini? berani-beraninya mereka mengambil uang kami untuk mendanai serangan (terhadap agama kami),” ujarnya geram.

Video itu sendiri dibuat untuk menghormati Peter Hujar, seniman dan kekasih Wojnarowicz yang meninggal karena komplikasi AIDS pada 1987. Wojnarowicz sendiri adalah seniman gay yang meninggal karena AIDS pada 1992.

Jurubicara galeri Smithsonian Linda St. Thomas mengatakan, museumnya cepat tanggap terhadap masyarakat dan pengunjung tapi tetap memihak pameran secara keseluruhan. Direktur National Portrait Gallery, Martin Sullivan sendiri mengatakan bahwa karya Wojnarowicz hendak menggambarkan penderitaan korban AIDS. Museum dan tak berniat menghina siapa pun. "Saya mohon maaf atas laporan-laporan tentang pameran ini yang menciptakan kesan seolah-olah video itu sengaja mencemarkan kesucian," kata Sullivan

 

Sumber : tempointeraktif/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami