Pemerintah Terus Lakukan Penghematan Biaya

Nasional / 25 November 2010

Kalangan Sendiri

Pemerintah Terus Lakukan Penghematan Biaya

Lois Official Writer
2352

Pemerintah terus melakukan penghematan berbagai biaya non modal, termasuk untuk pengetatan biaya perjalanan dinas. Pemerintah yakin dapat menghemat minimal Rp 60 triliun, demikian disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa pada hari Rabu (24/11).

?Kalau saja kita melakukan penghematan non belanja modal 10% saja, paling tidak ada dana Rp 60 triliun yang bisa kita hemat. Itu angka yang cukup besar, kita bisa alihkan untuk membeli barang modal, pembangunan infrastruktur, dan sebagainya,? kata Hatta. Pada kuartal IV-2010 ini, penghematan belanja pemerintah mulai dirasakan terutama dari pembatasan perjalanan ke luar negeri meskipun anggarannya sudah dialokasikan di APBN.

?Ke luar negeri waktunya dibatasi, pesertanya sedikit mungkin, dan menghindarkan pertemuan di hotel. Tentu itu akan ada penghematan pasti akan terjadi tapi saya belum bisa megnatakan,? kata Hatta. Hatta mengakui memang banyak anggaran belanja pemerintah yang belum dilakukan secara maksimal. ?Ini harus dioptimalkan namun dengan tetap menjaga agar jangan sampai ada penyimpangan,? cetus Hatta.

Sungguh sangat bijaksana jika pemerintah mulai melihat dan peduli akan pengeluaran negara yang perlu dibatasi karena banyak rakyat yang masih ada di bawah garis kemiskinan dan membutuhkan bantuan. Kiranya pemerintahan di Indonesia benar-benar menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk memerintah rakyat dengan adil, bijaksana, dan sesuai dengan yang diinginkan Tuhan.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami