6 Cara Hidup Puas Sebagai Jomblo

Single / 19 November 2010

Kalangan Sendiri

6 Cara Hidup Puas Sebagai Jomblo

Lestari99 Official Writer
5072

Anda bisa merasakan kepuasan tanpa harus terganggu dengan kondisi lain yang ‘mungkin’ Anda impikan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjalani hidup sepenuhnya.

1. Terhubung Dengan Tuhan

Kebangkitan rohani merupakan urutan pertama yang harus menjadi urusan para jomblo. Tahun-tahun jomblo yang kita lewati – baik itu hanya hitungan kurang dari setahun maupun lebih – bisa menjadi saat untuk terhubung secara mendalam dengan Tuhan dibandingkan bila kita memiliki status lainnya. Seperti yang dikatakan oleh Paulus, ini adalah saat dimana Anda dapat memberikan “pengabdian tak terbagi” (1 Korintus 7:35). Oleh karena itu, persembahkan diri Anda untuk mengenal Tuhan dengan membaca, mempelajari dan menyembah Dia.

2. Terhubung Dengan Teman-Teman

Menjadi single tidak berarti sendirian. Ibrani 10:24-25 mengatakan, Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat”. Ketika Anda menjadi orang Kristen dengan percaya kepada Kristus, Anda otomatis menjadi bagian dari keluarga Allah. Dan di dalam keluarga ini Anda terpanggil baik untuk menguatkan maupun dikuatkan.

3. Komitmenkan Diri Anda Pada kekudusan

Untuk dapat menikmati hidup dengan penuh sukacita dan dalam kepuasan, Anda harus mengkomitmenkan tubuh dan pikiran Anda kepada Tuhan. Ini bukanlah tugas yang mudah dengan budaya seks bebas yang semakin merajalela. Majalah, televisi, papan reklame, teman-teman dan terkadang anggota keluarga sendiri akan mendorong Anda kepada sesuatu yang menjadi wajar di dunia ini: pergaulan bebas, pornografi, nafsu, dan perselingkuhan. Tapi Tuhan begitu mengasihi Anda sehingga Ia tidak ingin Anda mengambil jalan yang hanya mendatangkan rasa sakit dan kehilangan martabat. Anda pasti akan menemui kesulitan untuk melaksanakan komitmen ini, namun para kaum single dapat menanggung salib ini dengan menghormati dan menghargai diri sendiri.

4. Hidup Dengan Penuh Gairah Dan Memiliki Tujuan

Apa yang Anda sukai? Apa yang menggerakkan Anda? Apa yang menarik minat Anda? Anda perlu mengejar apa yang Anda sukai. Fotografi, teologi, menulis, musik, bahasa, membangun, memasak, dansa, pengobatan, olahraga... apapun yang membuat Anda terjaga sampai larut malam atau membuat Anda bersemangat sangatlah penting untuk mengenali pengejaran Anda.

5. Melayani

Gairah Anda harus menggerakkan Anda untuk melayani dengan berbagai macam cara. Ketika gairah Anda menggerakkan Anda untuk melayani, Anda akan menemukan tujuan besar dalam hidup Anda. Apakah Anda menikmati olahraga? Mungkin Anda bisa menjadi sukarelawan. Dapatkah Anda memasak? Tanyakan pendeta Anda akan kebutuhan yang ada di dalam gereja Anda... mungkin Anda dapat membuat masakan bagi keluarga yang baru memiliki bayi atau seseorang yang anggota keluarganya masuk rumah sakit. Tuhan memberikan kepada setiap kita talenta dan gairah yang unik untuk memuliakan nama-Nya.

6. Latihlan Pikiran Dan Tubuh Anda

Ada sukacita besar dalam mendedikasikan pikiran kita untuk mempelajari Firman Tuhan, dan ada sukacita besar juga saat kita menyembah-Nya dengan tubuh kita. Latihan adalah suatu disiplin besar yang memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk belajar dan melayani Tuhan.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami