Foto Liputan Merapi 2

Nasional / 18 November 2010

Kalangan Sendiri

Foto Liputan Merapi 2

daniel.tanamal Official Writer
3783

Letusan Merapi membuat sungai yang mengalir dari gunung teraktif di dunia ini tertutup oleh lahar dingin. Sungai-sungai tersebut adalah Kali Woro, Kali Kuning, Kali Boyong, Kali Bedog, Kali Krasak, Kali Bebeng, Kali Sat, Kali Lamat, Kali Senowo, Kali Trising, Kali Apu, dan yang paling sering terdengar di media adalah Kali Gendol.

Kali Gendol menjadi perhatian utama karena kali yang mempunyai hulu di Merapi ini dialiri dan tertutup oleh lahar dingin paling deras. Bagi orang luar, bukan penduduk Cangkringan, fenomena sungai Gendol itu mencengangkan. Tak ada tanda-tanda sama sekali bahwa di bawah ribuan ton lahar itu ada sebuah sungai sedalam jurang. Aroma belerang yang menyengat tercium di kawasan berbahaya ini.

 

 

 

Foto 1

Akses menuju Kali Gendol di desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman, sangat licin akibat debu vulkanik bercampur dengan air hujan yang selalu turun mulai siang hingga sore hari.


 

Foto 2

Salah satu jembatan sabo dam di Kali Gendol memiliki 5 lubang untuk menahan lahar dingin dengan ukuran 1x1 meter. Total sabo dam yang mengelilingi Merapi dari hulu hingga hilir ada 244 buah. Semuanya tertutup lahar dingin Merapi.

 


Foto 3

Lahar dingin yang sudah membentuk pasir menutupi Kali Gendol dengan ketebalan hingga 3 meter. Kali Gendol yang sebelumnya berkedalaman 15-50 meter, kini seperti gundukan bukit pasir putih.

 

 


Foto 4

Walau masih dalam jarak bahaya, banyak warga sekitar yang mendatangi Kali Gendol, untuk sekedar melihat, ataupun berfoto bersama sejumlah pepohonan yang tampak mengeluarkan asap sisa pembakaran awan panas.

 

 


Foto 5

Batu besar yang berasal dari letusan Merapi menutupi jembatan di Kali Gendol yang menghubungkan Desa Glagaharjo dan Desa Wukirsari.

Sumber : Jawaban.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami