Karena Ketiduran 158 Jiwa Melayang

Nasional / 18 November 2010

Kalangan Sendiri

Karena Ketiduran 158 Jiwa Melayang

daniel.tanamal Official Writer
3868

Apa jadinya jika rasa kantuk menyerang hebat karena kelelahan dan tak sadar tertidur ketika kita sedang mengemudikan kendaraan?, pastilah kecelakaan datang menimpa kita atau mungkin juga orang lain ikut menjadi korban. Hal inilah yang terjadi di maskapai penerbangan India, seorang pilot ketiduran hingga menewaskan penumpangnya.

Seperti diberitakan Hindustan Times, Rabu (17/11), Zlatko Glusica, yang menerbangkan Air India Express dari Dubai ke Mangalore, bagian selatan India pada Mei 2010 itu terbukti bersalah setelah hasil penyelidikan Pemerintah India menyatakan pilot kebangsaan Serbia itu mengalami disorientasi karena tertidur dalam penerbangan selama 3-4 jam, menyebabkan pesawat jatuh dan menewaskan 158 orang.

Tim penyelidikan menyebutkan, pilot Glusica terlambat bereaksi dan tidak mengikuti beberapa standar prosedur operasi saat pendaratan. Menteri Penerbangan Sipil India Praful Patel mengakui kepada wartawan bahwa kementeriannya memang sudah menerima laporan soal itu pada Selasa (16/11/2010). Katanya, pemerintah akan mengambil tindakan setelah mempelajari laporan itu.

Insiden memilukan di Mangalore ini merupakan kecelakaan pesawat terparah di India sejak November 1996. Saat itu, 349 orang tewas akibat pesawat milik maskapai penerbangan Arab Saudi bertabrakan di udara New Delhi dengan pesawat kargo dari Kazakhtan. Sebelumnya pihak maskapai menduga pesawat jatuh karena hujan deras serta masalah teknis di pesawat. Air India Express tergolong sebagai maskapai yang menawarkan tiket murah dan merasa kewalahan dalam persaingan.

Ketiduran adalah salah satu contoh keteledoran manusia yang umumnya terjadi karena kekurangsigapan dan memandang remeh semua perkara dunia. Dalam I Petrus : 5 berbunyi “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya, “ mengajar kita untuk selalu siap dan berdoa akan apapun yang dapat terjadi didalam kehidupan.

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami