6 Cara Meningkatkan Kebiasaan Belajar Anak

Parenting / 17 November 2010

Kalangan Sendiri

6 Cara Meningkatkan Kebiasaan Belajar Anak

Lestari99 Official Writer
4148

Ketika orangtua menunjukkan minat aktif di sekolah anak-anak mereka, maka anak-anak akan menunjukkan minat lebih terhadap sekolah dan belajar lebih baik. Anak-anak juga akan mengembangkan rasa percaya diri, tanggung jawab dan kemandirian mereka. Berikut adalah beberapa cara bagaimana Anda dapat membantu anak-anak melakukan pekerjaan rumah mereka:

1. Rencanakan waktu belajar secara teratur. Ingatkan anak-anak Anda jika sudah tiba waktunya untuk belajar dan bantulah mereka untuk memulainya. Memegang teguh aturan ini dapat menghindari Anda dari protes maupun alasan apapun. Dengan menjadi konsisten Anda akan mendapatkan hasil yang konsisten. (Amsal 29:7)

2. Selalu siap untuk menjawab pertanyaan. Anda mungkin ingin membaca atau bekerja sambil mendampingi anak-anak Anda belajar. Dorong mereka untuk mencoba memecahkan masalah sendiri sebelum meminta bantuan Anda. (Amsal 16:20)

3. Menyemangati anak-anak Anda . Perkatakan perkataan-perkataan spesifik yang memuji mereka. Setelah mereka dapat menyelesaikan tantangan atau proyek dari pekerjaan rumah mereka, berikan hadiah kecil kepada anak-anak Anda, tapi hindari untuk menggunakan hadiah sebagai suap.

4. Buat kalendar studi. Anak-anak dapat menuliskan tanggal berapa pekerjaan rumah itu diberikan, tanggal berapa pengumpulannya dan kapan tes atas pekerjaan rumah tersebut akan dilaksanakan. Untuk proyek besar, bantu mereka untuk mengerjakannya langkah demi langkah dan tuliskan langkah-langkah ini di kalendar studi. (Amsal 12:1)

5. Buat catatan khusus untuk pengerjaan tugas sekolah. Anak-anak bisa menuliskan apa yang akan mereka kerjakan setiap hari, sehingga mereka tidak akan melupakannya. Catatan khusus ini juga bisa menjadi tempat yang baik untuk menyimpan daftar nomor telepon teman sekelas sehingga dapat menghubungi teman-teman anak Anda ketika dibutuhkan.

6. Tetap berhubungan dengan guru. Bertemulah secara teratur dengan guru anak Anda agar Anda dapat tetap mengikuti bahan pelajaran anak-anak Anda, terutama pada tugas-tugas khusus di sekolah dan apa yang diharapkan sang guru dari anak Anda. (Ulangan 6:1-9)

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami