Foto Liputan Merapi 1

Nasional / 16 November 2010

Kalangan Sendiri

Foto Liputan Merapi 1

daniel.tanamal Official Writer
3140

Meletusnya gunung Merapi sejak Selasa (26/10) membuat banyak masyarakat tersentak. Tiga dentuman hebat disertai gelombang luncuran awan panas bersuhu 600 derajat celsius berdurasi maksimal 33 menit meluncur sejauh 8 km, meluluhlantakkan apapun yang dilintasinya. Hujan abu merembet hingga Jawa Barat bahkan peneliti meyakini abu ini sampai di Jakarta.

Korban jiwa berjatuhan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 240 korban meninggal akibat letusan Gunung Merapi, jumlah terbanyak berasal dari Sleman, DI Yogyakarta, dengan jumlah 186 orang. Korban  luka bakar 157 orang dan non-luka bakar 29 orang.

Momen erupsi Merapi mengundang banyak jurnalis dan fotografer dalam dan luar negeri yang terpancing untuk mengabadikan peristiwa ratusan tahun itu. Jawaban.com pun meliput dan memvisualisasikan  dengan imaji gunung keramat di Jawa Tengah itu.

Foto 1 : Erupsi Merapi mulai Senin pagi (8/11) pukul 5.30, diabadikan dari fly over Jalan Janti Ring Road Selatan Yogyakarta menuju Kalasan dan Solo Jawa Tengah.

 

Foto 2 : Dari pusat kota Jogjakarta Senin (8/11). Tampak kepulan awan panas atau wedhus gembel dimuntahkan gunung merapi yang hingga saat ini, Senin (15/11) memakan korban 259 orang.

 

Foto 3 : Dibelakang gedung Sekolah Tinggi Tehnik Negeri (STTN), aktivitas Merapi membuat cuaca di kota Jogja mulai siang hari mendung dan sering diguyur hujan hingga sore hari.

 

Foto 4 : Abu dan lahar vulkanik Merapi yang membanjiri Kali Gendol di Cangkringan Sleman membuat pepohonan dan tumbuhan disekitarnya kering dan mati.

Sumber : Jawaban.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami