Benarkah Al Qaeda Tidak Bisa Dikalahkan?

Nasional / 15 November 2010

Kalangan Sendiri

Benarkah Al Qaeda Tidak Bisa Dikalahkan?

Lois Official Writer
3609

Benarkah Al Qaeda tidak dapat dikalahkan, seperti yang dikatakan oleh Panglima tentara Inggris, Jenderal Sir David Richards? Dia mengingatkan Barat tidak dapat mengalahkan Al Qaeda dan kaum militan Islam. Ia mengatakan, ambisi untuk mengalahkan kaum militan Islam adalah sesuatu yang tidak perlu dan tidak akan pernah dicapai. Nah lho? Darimana asalnya pernyataan ini?

“Dalam perang konvensional, kekalahan dan kemenangan terpisah secara sangat jelas dan dilambangkan dengan pasukan yang berbaris menuju ibu kota bangsa lain. Pertama-tama Anda harus bertanya, apakah kita perlu mengalahkannya (militansi Islam) dalam arti sebuah kemenangan yang tampak jelas seperti tiu? Saya berpendapat bahwa itu tidak diperlukan dan tidak akan pernah tercapai.”

Menurut Jenderal Richards yang sudah berumur 58 tahun ini, yang harus dilakukan Inggris adalah menjamin warganya bisa hidup aman dan ia yakin itu bisa terjamin. Menurut dia, senjata nyata dalam perang melawan Al Qaeda adalah ‘pencegahan perang di hulu’ serta pendidikan dan demokrasi. . “Permasalahan yang memunculkan militansi Islam kemungkinan tidak segera diselesaikan.” katanya, dan lagi ancaman yang ditimbulkan Al Qaeda dan afiliasinya saat ini memiliki resiko bagi keamanan nasional Inggris minimal 30 tahun.

Menurutnya, sudah ada 343 tentara yang tewas sejak tahun 2001 yang pengorbanan mereka menjadi sia-sia. Hal ini dikarenakan militer dan pemerintah Inggris telah bersalah karena tidak sepenuhnya memahami apa yang dipertaruhkan di Afganistan. Namun, katanya lagi, kemajuan memang sudah dibuat dan NATO kini berada di tempat yang tepat.

Tapi percayakah Saudara bahwa yang jahat pasti akan kalah, meskipun seolah-olah kejahatan itu memang menguasai dunia? Tapi sebenarnya, lawan kita bukanlah manusia, tapi penghulu-penghulu di udara. Manusia yang disusupi oleh pemikiran-pemikiran yang tidak punya kasih adalah manusia yang perlu kita doakan bersama.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami