Enaknya, Di Penjara pun Bisa Berjemur Santai

Nasional / 15 November 2010

Kalangan Sendiri

Enaknya, Di Penjara pun Bisa Berjemur Santai

Lois Official Writer
3075

Penjara Butyrka, salah satu penjara Rusia yang paling terkenal, merupakan bangunan benteng terbuat dari bata bergaya abad ke 19 yang terletak di Moskow. Dalam penjara ini, banyak tokoh-tokoh terkenal yang pernah ditahan seperti penulis era Soviet Alexander Solzhenitsyn dan Isaak Babel hingga keponakan Adolf Hitler, Heinrich.

Saat ini, penjara Butyrka akan segera memasang kursi berjemur untuk meningkatkan kesehatan para tawanan. “Kami mengembangkan layanan medis tambahan dan bahkan kami akan memberikan kursi berjemur,” begitu ujar Kepala Penjara Sergei Telyatnikov seperti yang dilansir oleh Reuters, beberapa hari yang lalu.

Hal ini dikarenakan penjara Rusia padat dan manajemen yang buruk, sehingga akhirnya mendapatkan pengawasan ketat setelah tewasnya pengacara Sergei Magnitsky di penjara pada November 2009, dia menghabiskan beberapa bulan masa hidupnya di penjara Butyrka.

Pengacara berusia 37 tahun itu dulunya merupakan ekuitas dana investasi di Rusia. Dia menyatakan bahwa dirinya ditahan secara illegal dan tidak diberikan perawatan medis yang layak meski sudah meminta beberapa kali. Kursi berjemur itu nantinya difungsikan untuk tujuan media dan akan segera dipasang pada akhir tahun ini.

Pada awal tahun ini dikabarkan hampir setengah narapidana dinyatakan sakit, banyak yang terinfeksi HIV atau tuberkolosis. Hal itu diperkirakan karena peralatan medis di sana sudah kadaluarsa dan mempunyai masalah kesehatan lainnya. Nantinya, di sana juga akan dilengkapi dengan layanan telepon internet sehingga mereka bisa menghubungi sanak famili dengan biaya murah.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami