Paus Kepada G20 : Dunia Mengamati Anda

Paus Kepada G20 : Dunia Mengamati Anda

Lois Official Writer
2548

Pertemuan puncak G20 telah berlangsung kemarin (11/11) di Seoul, Korea Selatan. Salah satu yang menjadi fokus adalah perang mata uang. Pertemuan puncak kali itu dikabarkan diselimuti ketegangan. Ketegangan ini dipicu perang kurs antara yuan dan dolar. China selama ini melindungi mata uang Yuan dalam kisaran tertentu. Akibatnya, mata uang Yuan memang tidak bisa terlalu melemah atau menguat. Hal ini baik buat China.

Namun, bagi Amerika, proteksi yang dilakukan pada mata uang Yuan itu menyebabkan melemahnya dolar. Bagi Indonesia, dampaknya adalah menguatnya mata uang Rupiah, termasuk menguatnya mata uang beberapa negara. Menguatnya mata uang rupiah terhadap dolar membuat berkurangnya daya saing barang ekspor.

Dalam kesempatan itu, Paus Benediktus XVI meminta para pemimpin dunia bekerjasama dalam menghadapi krisis ekonomi global. Menulis di Osservatore Romano, harian resmi Vatikan, Paus mengatakan bahwa para pemimpin dari 20 ekonomi terkemuka di dunia harus menghormati ‘martabat manusia’ dan menghindari kebijakan yang menguntungkan beberapa negara atas orang lain.

“Dunia mengamati Anda,” kata Paus. “Karena itu saya mendorong Anda untuk mengatasi berbagai masalah serius yang dihadapi Anda untuk mencari solusi jangka panjang, berkelanjutan, dan adil.”

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami