Demonstrasi Menuntut Perlindungan Atas Kristen Irak

Nasional / 11 November 2010

Kalangan Sendiri

Demonstrasi Menuntut Perlindungan Atas Kristen Irak

Lestari99 Official Writer
2505

Lebih dari 1.000 pengunjuk rasa di Detroit, Michigan, menyerukan kepada pemerintah Amerika untuk melindungi orang-orang Krsten di Irak.

Demonstrasi ini merupakan respon atas serangan gerilyawan bulan lalu di sebuah gereja di Baghdad yang menewaskan 58 orang.

Para demonstran berkumpul di luar McNamara Federal Building di pusat kota Detroit dan menyerukan untuk “mengakhiri pembantaian” terhadap komunitas Kristen Irak. Detroit memiliki populasi yang cukup besar dari para pengungsi Irak.

“Kami mendengar banyak orang yang membicarakan hal ini namun tidak melakukan sesuatu untuk dikerjakan,” ujar Andre Anton, dari Farmington Hills, salah satu penyelenggara rally ini kepada The Detroit Free Press. “Agama dan etnis minoritas tidak menjadi prioritas.”

Pengunjuk rasa membawa spanduk yang bertuliskan “66 gereja telah dibom di Irak sejak 2003” dan juga berbagai pesan lainnya yang mengecam sikap diam pemerintah AS.

Pada konferensi berita sebelum demonstrasi digelar, Gary Peters dari partai Republik Amerika D-Bloomfield Township, mengatakan bahwa pembunuhan di gereja sebagai suatu tindakan yang ‘hina’. Beliau mengatakan pemerinta Amerika seharusnya mengembangkan sebuah kebijakan yang komprehensif yang akan melindungi orang-orang Kristen di Irak.

“Kita harus terus maju dan bersikap tegas,” ujarnya.

Demonstrasi serupa juga diadakan di Chicago, Illinois.

Di Mesir, Kristen Koptik mengadakan penyalaan lilin bagi para korban di depan Kedutaan Besar Irak di Kairo.

Serangkaian serangan terus terjadi atas komunitas Kristen di Irak sampai saat ini. Kekristenan masuk ke Irak ratusan tahun sebelum Islam. Lebih dari setengah juta orang Kristen telah meninggalkan negara tersebut sejak tahun 2003. Pihak militan muslim telah memperingati semua orang Kristen di Irak untuk meninggalkan negara tersebut atau harus berhadapan dengan kematian.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami