Tolak Niat Jahat dengan Musik Klasik

Nasional / 11 November 2010

Kalangan Sendiri

Tolak Niat Jahat dengan Musik Klasik

Lois Official Writer
3561

Banyak dari masyarakat yang yakin bahwa alunan musik klasik bisa memicu sel-sel otak bayi dalam kandungan agar lebih aktif, dibandingkan bayi-bayi yang tidak mendengarkan musik klasik. Pengaruh musik klasik pada bayi ini lazim disebut sebagai efek Mozart. Ternyata, selain berpengaruh pada bayi, efek Mozart ini ternyata juga berpengaruh bagi yang lain.

Dengan mendengarkan musik klasik, efek samping positif yang lain dari musik klasik yaitu meredam niat jahat. Wah, bagus sekali bukan? Mungkin karena itu juga, bila kita pergi ke mall atau pusat perbelanjaan, seringkali terdengar musik klasik. Hal ini pun telah dibuktikan di Selandia Baru. Musik klasik yang disalurkan via pengeras suara telah secara nyata mengurangi angka kejahatan di pusat belanja kota terbesar kedua di sana. Hal ini disampaikan oleh para pemilik gerai dua hari yang lalu.

Mereka mengatakan pengenalan musik-musik lembut dari para composer seperti Mozart tampaknya memangkas insiden antisocial yang mengundang penanganan para petugas keamanan di Mal Christchurch City, melorot dari 86 dalam sepekan pada tahun 2008 menjadi dua dalam sepekan pada tahun ini. Cukup dramatis bukan?

Manajer Asosiasi Pusat Bisnis Kota, Paul Londsdale, menyebutkan bahwa musik jenis itu membantu warga dan pengecer kembali ke mal. “Sekarang ini jauh lebih baik. Orang-orang duduk di area tersebut sekarang karena mereka merasa lebih aman,” ujar Londsdale kepada harian Christchurch Press edisi Senin, 8 November 2010.

Tentu saja, hal ini sangat meringankan beban yang harus dipikul polisi dan polisi mendukung penemuan tersebut. Sersan Senior Gordon Spite kepada harian itu menuturkan bahwa musik ‘menciptakan lingkungan yang kondusif untuk prilaku yang baik.” Taktik jitu yang sangat sederhana sekali.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami