Mengatasi Kesalahan Di Masa Lalu

Psikologi / 11 November 2010

Kalangan Sendiri

Mengatasi Kesalahan Di Masa Lalu

Lestari99 Official Writer
6536

“Aku benci diriku sendiri,” ujar Barbie saat ia menyeka air matanya. “Aku benci karena harus berada di dalam penjara saat ibuku meninggal.” Meskipun kenyataannya sang ibu telah memaafkan Barbie jauh sebelum ia meninggal, namun Barbie tetap tak dapat mengampuni dirinya sendiri. Ia dipenuhi perasaan bersalah dan malu.

Pete menderita akibat perceraian yang dialaminya. Ia selalu membangkitkan kembali setiap perkataan dan perbuatan yang dilakukannya di masa lalu yang akhirnya menghancurkan hubungan pernikahannya. Sebagai orangtua tunggal, ia dapat merasakan rasa sakit dari anak-anaknya ketika mereka harus bergantian tinggal di rumah ayah atau ibunya, terutama selama liburan.

Judy bergumul dengan masalah kesehatan karena kebiasaan makannya yang buruk dan juga kurangnya berolahraga. Harry sedang dipulihkan dari kecanduannya akan alkohol tapi kebiasaan buruk tersebut telah membuatnya mengidap penyakit Hepatitis C. Paul dan Sherry sedang menjalani pengobatan atas penyakit kelamin yang mereka derita, sebuah pengingat dari masa lalu mereka yang kacau. Anda mungkin sedang berada di dalam penderitaan seperti yang Barbie, Pete, Judy, Harry, Paul ataupun Sherry alami.

Tak ada seorangpun yang dapat menghapus masa-masa Barbie saat di penjara, perceraian Pete telah terjadi beberapa tahun yang lalu, dan dampak dari kebiasaan buruk Judy terhadap kesehatanhnya tidak dapat dicabut. Harry harus menerima konsekuensi dari kecanduan birnya di masa lalu. Paul dan Sherry hanya dapat berharap agar penyakit kelamin mereka dapat sembuh, namun saat ini mereka harus tetap melanjutkan pengobatan mereka.

Tuhan masih mencintai mereka semua, dan Dia mengasihi Anda juga. Tidak peduli apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, Tuhan mengasihi Anda. Ia mengirim putra-Nya, Yesus Kristus, untuk mati di kayu salib bagi dosa-dosa Anda. Katakan kepada Tuhan betapa menyesalnya Anda atas semua kesalahan yang telah Anda lakukan di masa lalu.

Perkataan terakhir Yersus sebelum mati di kayu salib adalah, “Sudah selesai.” (Yohanes 19:30). Yesus tidak berkata, “Sudah selesai kecuali untuk para penjahat, mereka yang bercerai, mereka yang sakit, pecandu alkohol, dan daftar lainnya yang terlalu banyak untuk disebutkan.” Yesus hanya mengatakan, “Sudah selesai!”

Mazmur 103:10-13 mengatakan: Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita, tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia; sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Saudara terkasih, Tuhan rindu untuk memberikan kepada Anda ‘masa depan dan harapan’ (Yeremia 29:11). Anda telah mencoba untuk mengontrol hidup Anda namun tidak berhasil. Anda tidak dapat mengulang masa lalu, namun Anda dapat mengubah saat ini dan masa depan bersama dengan pertolongan Tuhan. Berserahlah kepada Tuhan. Beri kesempatan kepada Tuhan untuk memperbaiki perasaan Anda yang terluka dan mengubah hidup Anda menjadi sesuatu yang indah. Tidak ada sesuatupun yang Anda katakan maupun lakukan akan ditolak oleh Tuhan. Tuhan sedang menanti Anda dan mengampuni Anda. Mintalah maaf kepada mereka yang telah Anda sakiti dan buatlah perubahan dengan menunjukkan kemampuan Anda yang terbaik.

Janji-janji yang terdapat didalam Mazmur 103:10-13 dan Yeremia 29:11 dapat diterapkan dalam kehidupan Anda saat ini. Salinlah ayat-ayat ini dan tempelkan di cermin kamar mandi Anda, di lemari dapur Anda atau dimanapun tempat yang sering Anda lihat. Buatlah kata-kata ini menjadi doa pribadi Anda.

Tuhan adalah pakar mukjizat. IA melakukan mukjizat di masa lalu, dan IA masih melakukannya saat ini. Ibrani 13:8 berkata: “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.” Sekaranglah waktunya untuk berlutut atau berdiri di hadapan Tuhan, menengadahkan tangan Anda ke langit, dan menerima limpahan kasih, pengampunan dan perdamaian yang hanya dapat diberikan oleh Tuhan.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami