Terima Kasih Hai Para Pahlawan Indonesia

Nasional / 10 November 2010

Kalangan Sendiri

Terima Kasih Hai Para Pahlawan Indonesia

Lois Official Writer
3081

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta, Rabu (10/11). Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden Boediono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, ketua MPR Taufik Kiemas, Ketua BPK Hadi Purnomo, Wakil Ketua KPK Chandra M. Hamzah, Plt. Jaksa Agung Darmono, Kapolri Komjen Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Dalam ziarah nasional kali ini, presiden dijadwalkan menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan. Di antaranya mantan Wapres Adam Malik, lima pahlawan Revolusi Mayjen Sutoyo Siswomihardjo, Mayjen S. Parman, Letjen. MT. Haryono, Pahlawan Letjen R. Suprapto, dan Jenderal Ahmad Yani. Presiden juga menabur bunga di makam mantan Wapres HR. Sudharmono, mantan Wapres Umar Wirahadi Kusumah, Jenderal AH. Nasution, dan mantan KSAD Edi Sudrajat.

Peringatan Hari Pahlawan 2010 ini terbilang beda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pengajuan Soeharto sebagai salah satu dari 10 calon yang akan disahkan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun ini yang menimbulkan pro kontra. Selain Soeharto, terdapat juga nama mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur) dan kakek dari Mensos Sayyid Idrus bin Salim Al-Juffri, yaitu Salim Al-Jufri dan ketujuh nama lainnya yang berasal dari berbagai daerah.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Pasal 1 ayat 4 berbunyi, “Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.”

Meskipun Obama tidak jadi mendatangi Makam Pahlawan, menurut MikalRustomo dalam twitternya, Obama memahami hari pahlawan di Indonesia. “Maka malulah kalian sebagai orang Indonesia yang tidak mengingatnya. Selamat hari pahlawan,” katanya. Astrineta menunjuk bahwa pahlawan tahun ini adalah mereka para relawan yang membantu korban bencana alam yang terjadi di Merapi, Wasior, dan Mentawai. Nada serupa juga disampaikan oleh TrineYo. Terima kasih buat para pahlawan Indonesia, siapapun mereka, yang telah berjuang untuk bangsa ini. Selamat Hari Pahlawan.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami