Lima Rahasia Sukses Richard Branson

Entrepreneurship / 4 November 2010

Kalangan Sendiri

Lima Rahasia Sukses Richard Branson

Puji Astuti Official Writer
5556

Bos dari Virgin Company, Richard Branson ini dikenal sebagai pria yang unik. Dia juga seorang pengusaha yang inovatif karena sangat produktif, terbukti dengan ratusan usaha yang ia miliki. Berikut adalah pemaparan langsung Richard Branson tentang rahasia kesuksesannya yang dirilis oleh Entrepreneur.com.

Saya sering di tanya apa saya menemukan rahaasia – atau paling tidak jawaban yang konsisten – untuk membangun bisnis yang berhasil selama karir saya.

Jadi saya meluangkan waktu untuk berpikir tentang karakteristik dari banyak usaha milik Virgin yang berhasil dan yang terpenting, bagaimana ketika sesuatu yang buruk terjadi dan tidak memenuhi harapan. Setelah berefleksi atas 40 tahun pengalaman saya, maka muncul lima “rahasia” ini.

No 1: Nikmati apa yang Anda kerjakan.

Karena memulai bisnis adalah sebuah tumpukan kerja keras, dan membutuhkan banyak waktu, untuk itu sebaiknya Anda menikmatinya. Ketika saya memulai Virgin dari ruang bawah tanah flat saya di West London, saya tidak merancang untuk membangun sebuah kerajaan bisnis. Saya merancang sesuatu yang dapat saya nikmati dan dapat membayar tagihan-tagihan saya.

Tidak ada rencana atau strategi yang luar biasa. Nama itu sendiri muncul begitu saja. Suatu malam bersama beberapa teman kami berbincang dan memutuskan untuk menamai grup kami Virgin, karena kami semua baru dalam bisnis. Nama itu seperti menempel dan menjadi pengikat bagi kami.

Bagi saya membangun bisnis adalah tentang mengerjakan sesuatu yang bisa dibanggakan, menyatukan talenta orang-orang dalam satu tempat dan menciptakan sesuatu yang akan membawa perubahan bagi kehidupan orang lain.

Pebisnis itu sama seperti seorang pelukis. Ketika Anda memulai perusahaan Anda itu seperti sebuah kanvas kosong; Anda harus mengisinya. Seperti seorang pelukis handal yang mengerjakan lukisannya dengan detail, seorang usahawan juga harus bekerja hingga detail terakhir jika ingin binisnya sukses. Bagaimanapun, tidak seperti mengerjakan sebuah karya seni, bisnis adalah sesuatu yang tidak pernah selesai. Bisnis terus berkembang.

Jika seorang pebisnis menetapkan tujuan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain, dan mencapai hal itu, maka dia akan mampu untuk membayar tagihan-tagihannya dan memiliki bisnis yang sukses.

No. 2: Ciptakan sesuatu yang berbeda

Apapun produk Anda, jasa ataupun barang, tidak mudah memulai sebuah usaha dan bertahan serta berkembang di dunia moderen saat ini. Bahkan kenyataannya, Anda harus membuat sesuatu perbedaan yang radikal untuk menarik perhatian di hari-hari ini.

Lihatlah pada sebagian besar usaha yang berhasil di 20 tahun terakhir ini. Microsoft, Google, atau Apple, sebagai contohnya, mereka membuat kegemparan dengan membua sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dan terus melakukan inovasi. Mereka saat ini merupakan industri yang mendominasi saat ini.

No. 3: Ciptakanlah sesuatu yang membuat semua orang yang bekerja dengan Anda merasa bangga.

Bisnis umumnya  merupakan sekumpulan orang, dan mereka adalah aset terbesar Anda.

No. 4: Jadilah pemimpin yang baik

Sebagai pemimpin Anda harus menjadi pendengar yang baik. Anda perlu tahu apa isi pikiran Anda tetapi tidak mungkin memaksakan apa yang menjadi pemikiran Anda kepada orang lain tanpa debat. Tidak seorangpun yang bisa memonopoli ide bagus atau nasihat bagus.

Keluarlah, dengarkan orang-orang Anda, bawa orang-orang Anda keluar dan belajarlah dari mereka. Sebagai seorang pemimpin Anda juga harus luar biasa baik dalam memuji orang. Jangan mengkritik orang lain secara terbuka; jangan kehilangan kendali atas emosi Anda, dan selalu berikan pujian kepada kolega Anda untuk hasil kerja mereka yang baik.

Orang yang menerima pujian akan merasa berbunga-bunga. Biasanya mereka tidak butuh ditegus jika salah karena kebanyakan orang sudah sadar. Jika seseorang tidak bekerja dengan baik, jangan buru-buru memecat mereka. Sebuah perusahaan harusnya menjadi seperti keluarga. Jadi lihatlah apa kemampuan orang itu dan carikan posisi yang cocok dalam perusahan bagi orang tersebut. Hampir selalu Anda akan menemukan sesuatu yang cocok untuk setiap pribadi.

No.5: Perlihatkan diri Anda.

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya berada di belakang meja. Saya tidak pernah bekerja di kantor – saya selalu bekerja di rumah – namun saya keluar untuk bertemu orang-orang. Saya mungkin selalu berpergian sepanjang waktu, namun saya selalu membawa notebook  di tas saya untuk menuliskan pertanyaan, perhatian dan juga ide yang bagus.

Jika saya berada di pesawat Virgin Atlantic, saya keluar dan menemui semua staf dan banyak penumpang. Jika Anda bertemu sekelompok kru pesawat Virgin Atlantic, paling tidak Anda akan menerima 10 pendapat atau ide. Dengan menuliskannya, saya bisa ingat semuanya. Keluar dan berjabat tangan dengan penumpang di pesawat, lagi dan lagi, disana ada orang yang menyampaikan saran atau memiliki masalah. Tulis, dan pastikan dapat nama mereka, minta alamat email dan alamat rumahnya, dan pastikan esok harinya Anda merespon mereka.

Tentu saja, saya mencoba untuk menunjuk managing director yang memiliki filosofi yang sama. Itu sebabnya kami dapat menjalankan sebuah usaha yang besar dengan cara yang sama seperti menjalankan usaha kecil atau bisnis keluarga – membuat perusahaan responsif dan ramah.

Ketika Anda membangun bisnis dari awal, kata kuncinya untu menghadapai tahun-tahun kedepan adalah “bertahan hidup.” Sangat sulit untuk bertahan hidup. Pada awalnya Anda tidak punya energi dan waktu yang cukup untuk mengkuatirkan tentang menyelamatkan dunia. Anda hanya harus berjuang Anda dapat menemui manajer bank dan membayar tagihan. Pendeknya, konsentrasi Anda sepenuhnya terarah untuk bertahan hidup.

Jelas, jika Anda tidak dapat bertahan, ingatlah bahwa kebanyakan bisnis pernah mengalami kegagalan dan pelajaran terbaik biasanya dipelajari dari kegagalan. Anda jangan putus asa. Bangkitlah dan coba lagi.

Sumber : Entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami