Legalkan Aborsi Dan Perkawinan Sesama Jenis, Paus Datangi Spanyol

Internasional / 3 November 2010

Kalangan Sendiri

Legalkan Aborsi Dan Perkawinan Sesama Jenis, Paus Datangi Spanyol

daniel.tanamal Official Writer
3973

Pemerintahan sosialis Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero dikecam oleh gereja dan kelompok konservatif yang melegalkan perkawinan sesama jenis kelamin dan meringankan pengaturan soal aborsi.

Peraturan baru yang mengundang kecaman itu pun ditanggapi serius dengan kedatangan Paus Benediktus XVI ke Spanyol pada akhir pekan ini, yang dilaporkan adalah sebuah serangan terhadap kebijakan Pemerintah Spanyol yang melegalkan aborsi dan perkawinan sesama jenis kelamin. Kebijakan Pemerintah Spanyol ini bertentangan dengan ajaran Gereja Katolik.

Kunjungan Paus Benediktus XVI ke Spanyol pada akhir pekan ini oleh para pemimpin gereja Spanyol dinilai sebagai sebuah pembelaan terhadap iman yang suci dari sebuah legislasi progresif yang sosialis. Konferensi Uskup-Uskup Spanyol mengatakan kunjungan ini bermaksud untuk menentang perkawinan sesama jenis kelamin dan aborsi.

Ketika Sagrada Familia pertama kali direncanakan ahir abad ke-19, dalam pernyataannya mereka mengatakan, “Gereja sudah mengingatkan bahwa alam dan keluarga Kristen didasarkan pada perkawinan dan menjadi sel dasar masyarakat.”

Bagi sebuah negara yang 73 persen penduduknya beragama Katolik, undang-undang perkawinan sesama jenis pada 2005 menyulut kemarahan publik. Selain itu, aturan yang semakin memudahkan aborsi menyulut aksi unjuk rasa puluhan ribu massa yang tumpah ruah di jalan-jalan Spanyol.

Tetapi Pemerintahan Zapatero lebih terancam karena ketidakmampuannya mengatasi krisis ekonomi negeri itu sehingga yang menyebabkan pengangguran mencapai 20 persen. Zapatero pun membuat aturan yang secara ketat memisahkan gereja dan negara.

Sumber : Suara Pembaruan Online/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami