Ketika Umat Katolik Berbicara Untuk Indonesia

Internasional / 2 November 2010

Kalangan Sendiri

Ketika Umat Katolik Berbicara Untuk Indonesia

Lois Official Writer
2656

Perhelatan akbar bagi umat Katolik yang dihelat di Kinasih Conference, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat membawa beberapa hasil yang perlu diikuti oleh seluruh umat secara umum. Perhelatan itu sendiri dihadiri oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai penjuru tanah air, yang datang dengan seragam lengkap kebesaran adat masing-masing daerah.

Perhelatan ini merupakan Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 yang bertemakan “Dia Datang Supaya Semua Memperoleh Hidup dalam Kelimpahan” yang diadakan pada hari Senin (1/11) dan akan berlangsung selama lima hari. SAGKI dibuka oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Duta Besar Vatikan untuk Republik Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli mengatakan bahwa Vatikan mengajak umat Katolik di Indonesia agar membina masyarakat terpencil. “Kami mengajak umat Katolik di Indonesia agar peduli terhadap nasib saudara-saudara yang hidup di daerah sulit dan terpencil,” katanya saat menyampaikan sambutan mewakili Paus Benediktus terhadap pembukaan SAGKI 2010 tersebut. Girelli melanjutkan, umat Katolik Indonesia harus rajin turun ke bawah membina masyarakat yang hidup dalam kesulitan.

Sedangkan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menekankan agar pemerintah memberikan jaminan keamanan dan perlindungan kepada semua umat beragama apapun agama dan latar belakangnya. “Kami berharap pemerintah dapat mengayomi semua penganut agama yang ada di Indonesia,” kata Ketua KWI, Mgr Martinus D. Situmorang OFM Cap.

“Umat Katolik bertekad membantu pemerintah dalam menjaga kesatuan dan persatuan nasional serta mencapai cita-cita bersama sebagai suatu bangsa,” begitu kata Martinus.

Memang itulah yang harus kita lakukan, mengasihi saudara-saudara kita yang kesusahan, yang berada di daerah terpencil, yang terkena musibah, bahkan saudara kita yang kelihatan baik-baik saja tapi kita perlu menunjukkan kasih Yesus pada mereka. Begitu juga kepada mereka yang mungkin berbeda agama. Kita perlu menjaga semua itu untuk kesatuan bangsa Indonesia yang utuh.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami