Komputer Masa Depan : Cloud Computing

Entertainment / 28 October 2010

Kalangan Sendiri

Komputer Masa Depan : Cloud Computing

Lois Official Writer
3212

NettApp Solution Daya 2010 hari ini diselenggarakan di Ritz Carlton dan dihadiri oleh sejumlah perusahaan teknologi informasi (TI) ternama seperti Cisco, Citrix, Fujitsu ataupun VMware. Dalam pertemuan kali ini, pembicaraan mengenai layanan berbasis cloud computing menjadi topik hangat para para pelaku bisnis yang hadir.

“Cloud computing itu tidak bisa dihindari, dengan menggunakan layanan tersebut para pelaku industri akan lebih meningkatkan efisiensi perusahaannya, terutama untuk kelas UKM (usaha kecil menengah),” jelas Philip Sargeant, Research VP Gartner kepada sejumlah wartawan, seperti yang dilansir oleh laman detikcom.

Menurut data Gartner, di tahun 2010 ini diperkirakan nilai bisnis dari pemanfaatan teknologi internet untuk menyediakan sumber komputer itu sendiri secara global mencapai USD 80 miliar dengan tingkat pertumbuhannya setiap tahun sebesar 25 persen dalam jangka waktu lima tahun mendatang. Jadi, bisnis ini akan menjadi bisnis yang akan semakin ramai seiring dengan murahnya harga bandwidth.

Ketika ditanya kapan era cloud computing di Indonesia akan dimulai, Sargeant menjawab, “Itu semua tergantung kebutuhan, kalau hanya data yang tidak confidential hari ini pun bisa dimulai. Namun jika memerlukan sistem keamanan yang baik maka bisa dimulai beberapa tahun ke depan. Tergantung dari layanan yang dibutuhkan,” katanya.

Lantas apakah itu cloud computing sendiri? Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (computing) dengan pengembangan berbasis internet (cloud) dimana sumber, software, dan informasi dapat saling berbagi untuk komputer-komputer yang berbeda. Cloud yang dimaksud di sini adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer, awan dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing, cloud computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan sementara di komputer pengguna termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, handheld, sensor-sensor, monitor, dan lain-lain.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami