Vatikan Klaim Homer Simpsons Sebagai Katolik

Internasional / 21 October 2010

Kalangan Sendiri

Vatikan Klaim Homer Simpsons Sebagai Katolik

daniel.tanamal Official Writer
3127

Siapa tak kenal The Simpsons? Serial kartun jenaka populer yang mengangkat kehidupan keluarga fiktif di AS tersebut memang digandrungi banyak orang. Tapi, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Homer Simpson, sang kepala keluarga, dan Bart Simpson, sang anak laki-laki, ternyata penganut Katolik. Benarkah demikian? Setidaknya begitu klaim dari surat kabar resmi Vatikan.

Tak hanya itu, surat kabar tersebut juga menyatakan bahwa para orang tua tak perlu khawatir membiarkan anak-anak mereka menonton "petualangan keluarga kecil berkulit kuning." "Memang hanya sedikit yang tahu, dan dia melakukan segala hal yang dapat ia lakukan untuk menyembunyikannya. Tapi, ini memang benar: Homer J. Simpson adalah penganut Katolik," demikian isi tulisan dalam surat kabar Osservatore Romano pada edisi Minggu yang bertajuk "Homer dan Bart adalah Penganut Katolik."

Surat kabar itu mengutip sebuah studi seorang pastor Jesuit dari episode "The Simpsons" yang ditayangkan tahun 2005 silam, berjudul: "Bapak, Putra, dan Bintang Tamu Kudus." Studi tersebut menarik kesimpulan bahwa "The Simpsons" merupakan satu dari sedikit program tayangan televisi untuk anak-anak yang sering mengangkat tema keyakinan Kristen. Episode tersebut berkisar tentang ajaran Katolik dan ditayangkan selang beberapa pekan setelah wafatnya Paus Yohanes Paulus II. "Keluarga Simpsons selalu berdoa sebelum makan, dan dengan cara mereka sendiri, menaruh keyakinan kepada yang di atas," demikian isi studi tersebut seperti dikutip surat kabar Vatikan itu.

Episode tersebut diawali dengan dikeluarkannya Bart Simpson dari Sekolah Dasar Springfield. Ia pun didaftarkan ke sebuah sekolah Katolik dan bertemu dengan seorang pastor yang simpatik, yang suaranya diisi aktor Liam Neeson, yang membuat Bart tertarik masuk Katolik dengan kebaikannya. Homer kemudian memutuskan ikut masuk Katolik, membuat kaget sang istri, Marge, Pendeta Lovejoy, dan Ned Flanders. Episode tersebut bersentuhan dengan berbagai masalah, seperti konflik religius, dialog antar-agama, homoseksualitas, dan penelitian sel.

Tapi, meski Vatikan yakin benar bahwa Homer seorang Katolik, Al Jean, produser eksekutif "The Simpsons" justru berpendapat sebaliknya. Dalam pernyataan yang dikutip Entertainment Weekly, Senin waktu setempat, ia menyatakan bahwa keluarga Simpsons merupakan jemaat Gereja Pertama Springfield yang beraliran "Presbi-Lutheran." "Kami sudah menunjukkan dengan cukup jelas bahwa Homer bukan seorang Katolik, dan saya rasa dia (Homer) bahkan tidak bisa tidak makan daging pada setiap hari Jumat, bahkan tidak (puasa daging) satu jam pun," kata Jean.

Pujian Vatikan untuk seri kartun animasi televisi yang telah ditayangkan di 90 negara tersebut merupakan yang kedua kalinya. The Simpsons yang memopulerkan kata "D’oh," adalah serial televisi terlama yang tayang pada jam tayang utama di Amerika Serikat dan kini memasuki musim penayangan yang ke-22.

 

Sumber : suaramedia.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami