Hati-Hati, Ada 'Mata-Mata' di Balik Game Android Anda!

Hati-Hati, Ada 'Mata-Mata' di Balik Game Android Anda!

Lois Official Writer
3068

Sebuah game Android, sekilas seperti game biasa yang menyajikan hiburan buat kita, khususnya para pemakai handphone Android. Ternyata, game ini mempunyai kemampuan di luar dugaan. Aplikasi itu bisa menjadi mata-mata untuk melacak lokasi ponsel bersangkutan.

Adanya program ‘mata-mata’ di balik game Android itu dikemukan oleh Mikko Hypponen, Chief Research Officer F-Secure, dalam blog resmi F-Secure yang dikutip detikInet beberapa waktu yang lalu. “Sebuah game bernama Tap Snake ternyata bukan hanya game, ini merupakan klien untuk aplikasi mata-mata bernama GPS Spy,” tulis Mikko.

Tap Snake adalah game ular-ularan seperti pada umumnya, namun di baliknya Tap Snake berjalan di background dan terus aktif meski sedang tak dimainkan. Setiap 15 menit, game itu akan melaporkan lokasi GPS ponsel ke server. GPS Spy, menurut Mikko, adalah layanan mata-mata berbayar dengan biaya langganan USD 4.99 (sekitar Rp 45 ribu). Setelah didownload, aplikasi ini akan meminta pengguna memasang game Tap Snake pada ponsel yang mau dimata-matai.

Pengguna GPS Spy harus memiliki akses fisik ke ponsel yang ingin dimata-matai. Hal itu perlu untuk memasukkan kode pada game yang memungkinkan akses mata-mata ke ponsel yang jadi target. Tap Snake sulit digunakan untuk memata-matai secara remote tanpa peran aktif pengguna ponsel yang jadi target.

Mikko memperkirakan Google akan segera mencabut Tap Snake dari Android Market. Bahkan, ada dugaan bahwa Google akan mematikan aplikasi tersebut dari pusat sehingga tak ada lagi ponsel Android yang memasangnya.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami