Membantu Meningkatkan Harga Diri Remaja Anda

Parenting / 20 October 2010

Kalangan Sendiri

Membantu Meningkatkan Harga Diri Remaja Anda

Lestari99 Official Writer
5362

Berapa banyak remaja yang Anda temui benar-benar memiliki harga diri yang kuat? Jika Anda jujur, sebenarnya tidak banyak.

Harga diri remaja yang sehat harus dipelihara pertama-tama di rumah. Sebuah kehidupan rumah yang aman, orangtua yang selalu mendukung dan sebuah keluarga besar yang dapat diandalkan menyediakan titik peluncuran yang memungkinkan anak-anak untuk berkembang. Dari sanalah lingkungan sekolah yang sehat dan hubungan positif dengan teman-teman mereka akan semakin menguatkan perasaan bahwa mereka bernilai bagi orang lain.

Jika kehidupan di rumah seorang remaja menawarkan lebih banyak umpan balik yang negatif daripada pengasuhan yang positif, hampir tidak mungkin bagi seorang anak untuk melewati masa pubertas dengan perasaan yang baik mengenai diri mereka sendiri.

Para remaja yang tidak memiliki rasa berharga yang kuat dari orangtua mereka justru akan membuat mereka melihat dirinya melalui mata kritis teman-temannya. Dan apa yang mereka lihat seringkali mengecewakan.

Membuat kesalahan yang memalukan, merasa canggung, patah hati dengan cinta monyet atau tidak melakukan sesuatu dengan benar ketika pertama kali melakukannya merupakan bagian dari seorang remaja. Namun seorang remaja dengan harga diri yang rendah akan menginternalisasi setiap kegagalan sebagai bagian dari siapa mereka.

Inilah sebabnya sangat penting bagi kita sebagai orangtua untuk membantu anak-anak kita dapat mengatasi setiap kesalahan mereka dan belajar mengatasi kekecewaan mereka sejak usia dini. Harga diri yang positif dari seorang remaja adalah suatu hal yang sangat krusial. Cara terbaik untuk meningkatkan harga diri remaja Anda adalah dengan mengambil peran aktif dalam kehidupan remaja Anda. Hanya dengan mengetahui minat remaja Anda, teman-temannya, kelebihannya dan kekurangannya, Anda akan mengetahui setiap masalah yang mungkin timbul.

Jika Anda memiliki seorang anak remaja yang sedang berjuang dengan harga diri yang rendah, Anda harus menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk mengingatkan mereka bahwa mereka berharga bagi Anda dan juga bagi orang lain. Berikan kesempatan kepada mereka untuk berkumpul bersama dengan orang-orang yang akan membangun dan mendorong mereka.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami