Menyelaraskan Rencana Anda Dengan Rencana Tuhan

Investment / 19 October 2010

Kalangan Sendiri

Menyelaraskan Rencana Anda Dengan Rencana Tuhan

Puji Astuti Official Writer
4295

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. ~ Pengkhotbah 3:1

Berdasarkan ayat di atas, Alkitab menyatakan dengan jelas bahwa untuk segala sesuatu itu ada waktu dan masanya. Untuk itu sebuah perencanaan sangat berperan penting dalam kehidupan baik bidang keuangan maupun aspek hidup lainnya. Kita harus memiliki rencana jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjangnya.

Saat terbaik untuk membuat perencanaan adalah ketika Anda masih muda, namun jarang yang menyadari hal ini. Jika Anda sudah berusia 40an tahun, dan masih belum memiliki suatu rencana keuangan yang matang, maka Anda sudah terlambat.

Pertama Anda harus tahu kekayaan bersih Anda. Kemudian Anda harus melakukan evaluasi terhadap pertumbuhan investasi Anda, dan menghitung kemungkinan jumlah uang yang akan Anda terima kedepannya.  Jika kekayaan Anda tidak bertumbuh secara signifikan, maka Anda harus melakukan evalusi karena bisa jadi kekayaan Anda tergerus oleh laju inflasi.

Orang yang membuat target, baik bulanan, tahunan maupun jangka panjang, adalah orang yang tidak bersedia hidup hanya mengalir saja. Melalui membuat rencana dan menjaga tujuan Anda, maka Anda terhindar dari kondisi yang tidak di inginkan. Anda bisa mengatur tabungan, investasi, pajak, dan juga pensiun serta asuransi kesehatan Anda sesuai kebutuhan.

Rasul Paulus memberikan nasihat berikut ini, “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. (Filipi 3:13-14). Apa yang disampaikan Paulus menunjukkan dia memiliki rencana dan target. Paulus mengejar tujuan yang telah ia tetapkan.

Rencana yang baik dan target yang terukur membutuhkan disiplin dan juga pengendalian diri. Bahkan peran Roh Kudus sangat penting dalam mengatur rencana kehidupan. Ketika Anda ingin membuat target dalam hidup Anda, bahkan sekalipun bicara mengenai keuangan atau karir, mintalah bimbingan dan tuntunan Roh Kudus. Keberhasilan Anda adalah ketika Anda dapat menggenapi rencana Allah dalam hidup Anda, untuk itu pastikan sebelum memutuskan sesuatu dalam hidup Anda, tanyakan apa rencana Tuhan. Selamat berjalan dalam rencana Allah.

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami