Fenomena Bayi Berekor

Serba-Serbi Sehat / 16 October 2010

Kalangan Sendiri

Fenomena Bayi Berekor

Lestari99 Official Writer
6695

Bayi yang lahir dengan memiliki ekor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu Cina juga mengalami hal serupa. Hanya saja bayi berekor yang lahir di Cina dapat bertahan hidup sampai hari ini.

Seorang bayi perempuan yang diberi nama Hong hong dan lahir di Kota Lixing, bagian selatan Provinsi Anhui, lahir dengan memiliki ekor. Empat bulan kemudian, ekor di bagian belakang tubuh Hong-Hong berukuran dua kali lipat dari ukuran semula.

Orangtua Hong Hong yang bermarga Hou sangat syok ketika melihat bayinya memiliki ekor saat lahir. Hari demi hari Hou berharap agar ekor tersebut mengecil namun yang terjadi justru sebaliknya, ekor tersebut semakin membesar.

“Saya ingin memotongnya saat itu juga, tapi dokter menyarankan agar kami menunggu sampai waktu yang tepat. Sebab bayi yang baru lahir terlalu lemah untuk dioperasi,” ujar Hou seperti dimuat laman Ananova, yang mengutip berita dari Anhui Market Daily.

Empat bulan kemudian dokter pun mengoperasi Hong Hong dan melepas ekor yang melekat di tubuhnya. Berdasarkan pengamatan sinar X, ekor itu ternyata menyambung dengan tumor jaringan lemak tulang belakang.

Dokter Rumah Sakit Anak Anhui, Sun Ju mengatakan, kasus yang menimpa Hong Hong terbilang sangat unik. Kemungkinannya bisa satu di antara sejuta. Dokter Sun mengaku belum pernah melihat bayi yang lahir dengan kondisi seperti Hong Hong sebelumnya.

Meski operasi pengangkatan ekor bisa dikatakan sukses, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Hong Hong membutuhkan perawatan lebih lanjut atau tidak.

Kehadiran bayi seperti Hong Hong paling tidak membuat dunia medis mencari penyebab terjadinya dan mencoba mencari cara agar bayi cacat dengan lahir berekor dapat dicegah dan tidak terjadi lagi.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami