Mahalnya Berkomunikasi Di Zaman Tekhnologi Canggih

Info Sehat / 15 October 2010

Kalangan Sendiri

Mahalnya Berkomunikasi Di Zaman Tekhnologi Canggih

Lestari99 Official Writer
4469

Tekhnologi zaman sekarang bisa jadi semakin canggih, namun tanpa disadari tekhnologi canggih justru bisa membuat Anda semakin jarang bertemu dan berbicara langsung dengan orang-orang yang Anda kasihi.

Sebuah survei yang dilakukan Esure menunjukkan satu dari sepuluh pasangan menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi melalui telepon, email dan chatting dibandingkan dengan berkomunikasi secara langsung.

Meningkatnya beban kerja ditenggarai menjadi salah satu penyebab banyak pasangan yang menhabiskan waktu berbicara dan bertatap muka kurang dari satu jam dalam sehari. Bahkan satu dari lima pasangan menghabiskan waktu hanya 15 menit sehari untuk berbicara dan bertatap muka secara langsung.

Hasil survei juga menunjukkan rata-rata pasangan saling mengirim 1002 sms dan hampir 400 email setiap tahun. Ditemukan juga bahwa wanita rata-rata mengirim sms lebih banyak bila dibandingkan pria, rata-rata dua kali sms setiap harinya.

Dari 1000 responden yang terlibat di dalam survei ini ditemukan sebanyak 13 persen selalu memeriksa akun Facebook pasangannya untuk mengetahui kegiatan mereka. Rata-rata pasangan menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan tatap muka hanya 45 menit sampai tiga jam per minggunya, dan itu tidak termasuk waktu tidur.

Sebanyak 51 menit dihabiskan dengan diam sambil menonton televisi dan 37 menit untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Lebih dari 27 persen pasangan mengaku tidak memiliki waktu untuk berkomunikasi dengan bertatap muka secara langsung kecuali saat libur di akhir pekan.

Dari survei juga diketahui bahwa 41 persen pasangan lebih memilih untuk menggunakan sms, email dan situs jejaring sosial untuk menyampaikan pesan daripada berbicara secara langsung.

Dr. Cecilia d’Felice, psikolog asal Inggris seperti dikutip dari Daily Mail menyarankan kepada setiap pasangan untuk meluangkan waktu berkomunikasi langsung dengan pasangan mereka.

“Kita bisa memberitahu gambaran perasaan pada orang yang kita cintai atau benci hanya dengan mengklik tombol tanpa melihat reaksi nyata dari mereka. Sesekali jangan gunakan tekhnologi dan luangkanlah waktu untuk berkomunikasi langsung,” ujarnya.

Tekhnologi memang memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal. Namun seringkali terlalu tergantung dengan tekhnologi justru membuat kita kehilangan esensi sebenarnya dari sentuhan dan komunikasi langsung dalam suatu hubungan suami istri.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami