Langkah-Langkah Mengatasi Masturbasi (2)

Marriage / 14 October 2010

Kalangan Sendiri

Langkah-Langkah Mengatasi Masturbasi (2)

Lestari99 Official Writer
5720

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tubuh ini adalah Bait Allah dan harus senantiasa bersih agar Roh Kudus dapat tinggal di dalam diri kita. Masturbasi adalah sebuah kebiasaan yang tidak berkenan bagi Allah dan merampas Roh yang menciptakan rasa bersalah dan stres emosional di dalam diri kita. Masturbasi memang tidak berbahaya secara fisik kecuali bila dipraktekkan secara ekstrim. Masturbasi adalah kebiasaan yang hanya memikirkan diri sendiri dan dilakukan secara rahasia, dan sama sekali tidak memperlihatkan penggunaan yang tepat dari kuasa prokreatif yang telah diberikan Tuhan kepada manusia untuk memenuhi tujuan kekekalan mereka. Bagaimanapun juga masturbasi memisahkan seseorang dari Tuhan dan menentang rencana Injil.

Kegiatan yang memuaskan diri ini akan menyebabkan seseorang kehilangan penghargaan terhadap dirinya sendiri dan kesaksiannya menjadi lemah, sehingga pekerjaan pengabaran Injil maupun panggilan lain yang telah ditetapkan Tuhan bagi umat-Nya menjadi suatu hal yang berat untuk dilakukan.

Untuk membantu perencanaan dari sebuah program yang efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengevaluasi perkembangannya secara berkala sehingga kemajuannya dapat dikenali dan kegagalan yang dialami dapat dipahami dan dikurangi.

Saran yang dapat diberikan untuk mengatasi masturbasi:

1. Berdoalah setiap hari, mintalah karunia Roh Kudus yang akan menguatkan Anda melawan godaan. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan dengan suara keras ketika godaan itu menarik Anda dengan sangat kuat.

2. Ikuti program olahraga setiap hari. Olahraga ini akan mengurangi ketegangan emosional, depresi dan menjadi dasar untuk jalan keluar bagi masalah ini. Lipat gandakan kegiatan fisik Anda ketika Anda merasa stres meningkat.

3. Ketika godaan untuk melakukan masturbasi sangat kuat, berteriaklah “HENTIKAN” kepada pikiran-pikiran itu sekeras yang Anda bisa lalu kemudian bacalah Alkitab dengan ayat-ayat pilihan atau menyanyikan sebuah lagu inspirasional. Hal ini penting untuk membalikkan pikiran Anda dan menjauh dari kebutuhan egois dan memanjakan tersebut.

4. Tetapkan tujuan dalam berpantang masturbasi, dimulai dengan sehari, lalu seminggu, bulan, tahun dan akhirnya berkomitmen untuk tidak pernah melakukannya lagi. Sebelum Anda sampai pada tahap komitmen untuk tidak akan pernah melakukannya lagi, Anda akan selalu terbuka untuk godaan ini.

5. Perubahan perilaku dan sikap yang paling mudah dicapai adalah dengan mengubag gambar diri. Luangkan waktu setiap hari untuk membayangkan diri Anda sebagai seorang yang kuat dan terkendali, dan dapat dengan mudah mengatasi godaan.

6. Mulailah program pengembangan diri setiap hari. Kaitkan rencana ini dengan meningkatkan pelayanan gereja Anda, meningkatkan hubungan Anda dengan keluarga, Tuhan dan sesama. Upayakan untuk meningkatkan kelebihan dan juga talenta Anda.

7. Bergaul dan bersikap ramah. Paksa diri Anda untuk selalu bersama dengan orang lain dan belajarlah untuk menikmati saat bekerja maupun berbicara dengan mereka.

8. Memahami situasi yang membuat Anda depresi atau menyebabkan Anda merasa kesepian, bosan, frustrasi atau putus asa. Perasaan emosional ini dapat memicu keinginan untuk melakukan masturbasi sebagai pelarian. Rencanakan berbagai kegiatan untuk mengurangi tingkat stres ini, seperti membaca buku, mengunjungi teman, berolahraga, dll.

9. Buatlah kalender saku selama satu bulan di sebuah kartu kecil. Bawalah kartu kecil tersebut kemanapun Anda pergi tapi jangan tunjukkan kepada orang lain. Jika Anda jatuh dalam godaan, warnai tanggal tersebut dengan warna hitam. Tujuan Anda adalah tidak ada tanggal yang diwarnai hitam. Kalender ini akan menjadi pengingat visual dari pengendalian diri yang kuat dan akan menarik perhatian Anda ketika Anda tergoda untuk menambah satu lagi tanggal hitam. Pertahankan kalender Anda sampai Anda memiliki kalender bersih tanpa warna hitam paling tidak selama tiga bulan berturut-turut.

10. Sebuah studi yang cermat akan menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah pada waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu. Coba dan ingatlah secara detail waktu dan kondisi yang seperti apakah itu. Lalu Anda pun akan memahami bagaimana hal itu terjadi, dan rencanakan untuk mendobrak pola tersebut melalui berbagai aktivitas.

11. Dalam bidang psikoterapi terdapat tekhnik yang sangat efektif yang disebut terapi aversion. Ketika kita mengaitkan atau memikirkan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan dengan sesuatu yang sangat menyenangkan, tetapi tidak diinginkan, pikiran dan perasaan tidak enak akan membatalkan apa yang menyenangkan. Jika Anda mengaitkan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan dengan tiadanya pengendalian diri, hal itu akan membantu Anda untuk menghentikan kegiatan bermasturbasi,. Sebagai contoh, jika Anda tergoda untuk melakukan masturbasi, bayangkan Anda mandi di bak mandi yang penuh cacing, dan memakan beberapa cacing ketika Anda melakukannya.

12. Selama di toilet dan mandi, biarkan pintu kamar mandi sedikit terbuka untuk mencegah Anda sendirian dan memiliki privasi total. Jangan mandi terlalu lama.

13. Bangun di pagi hari, dan jangan berbaring di tempat tidur keika Anda sudah bangun, tak peduli jam berapa saat itu. Bangun dan lakukanlah sesuatu. Mulailah setiap hari dengan antusias.

14. Jaga agar kandung kemih Anda tetap kosong. Cobalah menahan diri agar tidak banyak minum menjelang tidur.

15. Kurangi jumlah bumbu dan rempah-rempah dalam makanan Anda. Makanlah seringan mungkin di malam hari.

16. Pakailah piyama yang sulit untuk dibuka namun longgar dan tidak mengikat.

17. Hindari orang, situasi, gambar maupun bahan bacaan yang bisa membangkitkan gairah seksual.

18. Terkadang sangat membantu untuk memiliki benda fisik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Memegang Alkitab dengan erat maupun meletakkannya di tempat tidur pada malam hari telah terbukti membantu dalam kasus-kasus ekstrim.

19. Dalam kasus yang sangat parah, mungkin Anda perlu memakai beberapa lapis pakaian yang akan sulit untuk dibuka ketika Anda susah untuk tidur.

20. Membuat sistem penghargaan bagi setiap keberhasilan Anda. Tidak harus berupa hadiah yang besar, dan gunakan setiap kali Anda berhasil mengatasi godaan atau mencapai tujuan. Lakukan misalnya dengan menikmati makanan yang lezat dan akan selalu mengingatkan Anda akan kemajuan yang telah berhasil Anda capai.

21. Jangan biarkan diri Anda kembali kepada kebiasaan lama atau pola sikap yang merupakan bagian dari masalah Anda.

Setan tidak pernah menyerah untuk menggoda Anda. Namun tetaplah tenang dan terus berjaga-jaga di dalam doa. Pertahankan sikap mental yang positif. Anda dapat memenangkan pertempuran ini! Sukacita dan kekuatan yang akan Anda rasakan ketika Anda berhasil mengatasi masalah ini akan memberikan cahaya yang bersinar dan kepuasan spiritual serta pemenuhan dalam seluruh hidup Anda.

Sumber : turnbacktogod.com
Halaman :
1

Ikuti Kami