Joe DeLoss, Berbisnis Sekaligus Mengentaskan Kemiskinan

Entrepreneurship / 14 October 2010

Kalangan Sendiri

Joe DeLoss, Berbisnis Sekaligus Mengentaskan Kemiskinan

Puji Astuti Official Writer
2977

Di bulan September 2008, Joe DeLoss menerima pekerjaan sebagai direktur usaha sosial di Lutheran Social Servise, sebuah tempat penampungan bagi orang yang tidak memiliki tempat tinggal di Columbus, Ohio. Tempat itu dapat menampung sekitar 300 orang.

Tugas Joe adalah : menciptakan bisnis yang dapat memperkerjakan warga tunawisma dan membantu mereka mengembangkan keahlian. Sebagai seorang mantan analis investasi dan sering mengkonsumsi “makanan kemasan yang tidak enak” dari catering perusahan, maka Joe melihat kesempatan untuk melayani pasar Colombus dengan makan siang yang lebih enak.

Pada bulan September 2009 lalu, ia meluncurkan Freshbox Catering dengan modal $40.000 dari donatur bisnisman lokal dan gereja. Perusahaan tersebut menjadi milik Lutheran Social Services yang merupakan organisasi nirlaba. Joe memperkerjakan tiga orang dari mereka yang tinggal di penampungan dan dalam proses untuk menambah dua orang lagi saat ini.

Tujuan utama usaha ini adalah memperlengkapi mereka yang tidak punya pekerjaan dengan ketrampilan dan membuat mereka melek finansial sehingga kedepannya mereka dapat membuat usaha baru.

Pada tahun 2009 lalu, perusahaan ini mendapatkan keuntungan sebesar $30.000 dan di tahun 2010 ini diperkirakan dapat meraup $ 135.000. Kedepannya, Joe DeLoss berharap dapat menjadikan usaha ini sebagai waralaba dengan tujuan sosial seperti yang telah di lakukan organisasi-organisasi nirlaba lain yang ada di Pittsburgh, Indianapolis dan Cincinnati.

Satu lagi prestasi yang patut diacungi jempol dari usahawan sosial yang masih berumur 25 tahun ini adalah menjadi finalis 2010 dalam America’s Best Young Entrepreneurs.

Anda lihat bahwa sebuah bisnis dapat dijadikan sebagai alat Tuhan yang begitu mulia, bukan saja menghasilkan keuntungan namun membangun masyarakat sekitarnya dan mengentaskan kemiskinan secara sekaligus. Anda pun bisa melakukannya, mulailah dengan melihat kebutuhan yang ada disekitar Anda.

Sumber : News Week
Halaman :
1

Ikuti Kami