Ratu Gospel Albertina Walker Meninggal Dunia

Internasional / 13 October 2010

Kalangan Sendiri

Ratu Gospel Albertina Walker Meninggal Dunia

Lestari99 Official Writer
3354

Penyanyi gospel pemenang Grammy Award, Albertina Walker, meninggal dunia pada hari Jumat lalu akibat kegagalan pernafasan di RML Specialty Hospital, Chicago, dalam usia 81 tahun.

Mantan anak didik Walker yang juga penyanyi gospel ternama, Mahalia Jackson, mengatakan bahwa Walker sering disebut sebagai Ratu Gospel. Pada usia 22 tahun, Walker membentuk grup gospel The Caravans, yang merilis beberapa hits seperti “Mary Don’t You Weep”, “No Coward Soldier”, “Tell the Angels” dan “Sweeping Through the City”.

Selama 60 tahun berkarir, Walker membantu menelurkan lebih dari selusin artis gospel termasuk Inez Andrew, Shirley Caesar, James Cleveland, Bessie Griffin, Cassietta George, Loleatta Holloway, Dorothy Norwood dan Delores Washington.

“Saya ingin berdiri di hadapan khalayak ramai dan menyampaikan Injil, memenangkan jiwa bagi Kristus,” ujar Walker kepada The Washington Post dalam sebuah wawancara di tahun 2008. “Saya ingin menyentuh mereka yang sekarat dan tergelincir (ke dalam dosa).”

Nyanyian Walker pernah menghentikan sebuah syuting film karena para pemeran dalam film tersebut sangat tersentuh oleh suara legendaris gospel ini.

Namun, penduduk asli Chicago mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa hal yang lebih penting dari suara Walker adalah pesan dari lagu yang dibawakannya.

“Apa yang lahir dari hati menyentuh hati,” ujarnya. “Dan jika Anda memiliki hati dan mendengarkan apa yang kami lakukan, Anda akan merasakan sesuatu – kulit putih, hitam, kuning, hijau, merah, tidak ada perbedaan, Anda akan merasakan sesuatu.”

Walker sering tampil di Gedung Putih dan bahkan mendapat pengakuan khusus dari mantan Presiden George W. Bush.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada hari Minggu lalu, Presiden Obama mengatakan ia turut berduka atas kepergian Walker.

“Suara Ms Walker dan pesan yang dibawakannya telah menyentuh jemaat di seantero negeri ini,” tulis pernyataan tersebut. “Meskipun kita telah kehilangan seorang ikon Amerika, pengaruhnya bagi musik gospel akan terus berlanjut dari generasi ke generasi. Hati dan doa kami menyertai keluarganya bersama dengan jiwa-jiwa yang tak terhitung jumlahnya yang pernah ia sentuh lewat nyanyiannya.”

Pemakaman Walker akan diadakan pada pukul 11 waktu setempat pada hari Jumat (15/10) di West Point Babtist Church, Chicago.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami