Sering Makan Tapi Berat Badan Turun? Ini Rahasianya...

Fit & Charming / 13 October 2010

Kalangan Sendiri

Sering Makan Tapi Berat Badan Turun? Ini Rahasianya...

Lestari99 Official Writer
4361

Kebanyakan orang terbiasa untuk makan tiga kali sehari, dan tradisi ini terus dijalani dari generasi ke generasi. Tapi tahukah Anda jika pola makan seperti ini sesungguhnya dapat menambah berat badan Anda?

Kebiasaan makan seperti ini akan membuat Anda cenderung untuk ngemil, dan bahkan makan berlebih. Kebiasaan ini juga seringkali dikaitkan dengan tingkat kolesterol dan tingkat trigliserida yang tinggi. Makan hanya dua atau tiga kali dalam sehari menyebabkan tubuh harus menghadapi kondisi tanpa diisi makanan dalam jangka waktu yang panjang, dan akibatnya secara alami tubuh pun menyimpan lemak. Jadi, berikut adalah 5 tips terbaik tentang bagaimana caranya makan dengan sering dan dapat berdampak pada – berat badan yang menurun!

1. Pastikan Anda Membeli Makanan Yang Tepat!

Sup dan pasta gandum membuat makan siang Anda jauh lebih baik bila dibandingkan dengan chips dan burger. Sebelum Anda mulai makan lebih sering dan teratur, pastikan agar kulkas Anda penuh berisi makanan sehat yang baik bagi Anda.

2. Rencanakan Makanan Anda

Melakukan ini membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah dengan menempel menu harian Anda pada selembar kertas. Saya membuat daftar apa saja yang akan saya santap di setiap waktu makan saya setiap hari selama seminggu penuh, dan membawanya ke supermarket ketika saya berbelanja. Dengan cara ini, saya memiliki cukup makanan untuk 5 waktu makan yang saya tentuka setiap hari dari minggu tersebut dan membantu saya untuk dapat lebih menahan diri ketika harus berhadapan dengan makanan lezat lainnya.

3. Memiliki Jadwal

Yang saya lakukan untuk memastikan saya makan 5 kali sehari dengan mengatur alarm otomatis pada iPhone saya, yang mengingatkan sudah waktunya bagi saya untuk makan. Alarm pertama akan berbunyi pukul 08.00 ketika seharusnya saya sarapan, kemudian pukul 11.00 ketika tiba saatnya bagi saya menikmati cemilan sehat, pukul 13.00 ketika tiba waktunya makan siang, pukul 16.00 untuk cemilan sehat saya yang kedua dan makan malam pukul 19.00.

Saat ini kegiatan makan tersebut telah menjadi bagian dari rutinitas harian saya dan sayapun tidak membutuhkan alarm pengingat lagi. Namun cara ini merupakan cara yang terbaik untuk mempersiapkan diri dan mulai makan lebih sering.

4. Tidak Ada Cemilan Tambahan

Memiliki 5 porsi kecil dalam sehari adalah semua yang Anda butuhkan untuk merasa kenyang dan bahagia sepanjang hari. Jadi, ketika mencoba makan secara teratur, singkirkan biskuit dan kue yang bisa menggoda Anda untuk memiliki cemilan ekstra, terutama ketika Anda sedang di bawah tekanan.

Kehilangan beberapa gram lemak mungkin adalah hal terakhir di bumi yang akan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda, pekerjaan Anda maupun kehidupan cinta Anda. Jadi, jauhkan diri Anda dari cemilan ekstra tersebut!

5. Jangan Minum Saat Makan

Saya biasanya makan lebih banyak dan merasa tidak terlalu kenyang karena menghabiskan 2 gelas air setiap kali makan (hal ini sepertinya lebih mudah untuk menghabiskan 8 gelas air bersamaan dengan makan). Tapi ternyata minum air (atau minuman lain, terutama minum es dingin) yang kita konsumsi saat makan justru membuat kita merasa kurang kenyang dan air yang kita minum menyebabkan makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Jadi cara terbaik untuk minum air adalah sebelum makan atau minumlah teh panas 20 menit setelah makan. Dengan cara ini Anda akan merasa lebih kenyang dengan makan lebih sedikit dan masih dapat minum air yang cukup!

Jadi yang perlu Anda lakukan saat ini adalah pastikan bahwa Anda makan makanan sehat lebih sering dan pada waktu tertentu. Anda pun akan merasa jauh lebih baik dan sehat! Dan di saat yang sama, Anda akan kehilangan berat badan juga!

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami