Isu Penggulingan Presiden SBY Merebak

Nasional / 12 October 2010

Kalangan Sendiri

Isu Penggulingan Presiden SBY Merebak

daniel.tanamal Official Writer
2408

Isu penggulingan Presiden SBY melalui demo besar pada 20 Oktober mendatang dinilai hal yang mustahil. Syarat yakni adanya pemimpin untuk mengakomodir kelompok oposisi saja dinilai nihil alias tidak ada. Penggulingan sulit terwujud.

"Sangat sulit, tidak ada kekuatan atau tokoh yang menjadi pemersatu. Fragmentasinya terlalu banyak," kata Sekretaris Dewan Setara Institute Romo Benny Susetyo, Selasa (12/10/2010).

Dia menilai, berkumpulnya sejumlah tokoh belakangan ini, terkait jelang 1 tahun pemerintahan SBY-Boediono hanya merupakan ekspresi ketidakpuasan publik atas kinerja pemerintah. "Lagipula, kalau dia lengser sebelum waktunya maka demokrasi akan terganggu, apalagi belum bisa mendapatkan orang yang tepat," terang Romo Benny yang juga aktif di Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) ini.


Berkumpulnya sejumlah tokoh juga mesti dipandang sebagai kritik kepada pemerintah, jangan kemudian dinilai dengan reaksi negatif. "Itu hanya gerundelan tokoh yang resah, pemerintah harus bisa memberikan reaksi positif dengan membuat kerja para menteri menjadi program yang terarah," tuturnya.


Sebelumnya Hatta Rajasa yang selalu membatasi bicara politik, meski dirinya adalah Ketua Umum DPP PAN, merasa terusik dengan munculnya gerakan yang ia nilai bisa merusak sistem demokrasi. Seharusnya, kata dia, semua pihak menghormati sistem demokrasi yang sudah susah payah dibangun oleh masyarakat. "Saya biasanya tidak banyak bicara politik. Tapi munculnya gerakan-gerakan ini mengusik saya dan saya prihatin," kata Hatta yang kini menjabat Menko Perekonomian di Kabinet Indonesia Bersatu II saat berbincang-bincang dengan detikcom.


Hatta meminta masyarakat untuk menghormati system building yang sudah dibangun sejak bertahun-tahun dengan bersusah payah.  "Mari kita hormati sistem demokrasi yang sudah kita bangun dengan susah payah. Pada tahun 1998 saya juga menjadi aktivis untuk membangun system building ini," ajak Hatta.

Menanggapi isu ini politisi Golkar Priyo Budi Santoso Golkar siap memback up bila pemerintahan SBY-Boediono 'diserang'. "Penggulingan pemerintahan SBY jauh ke arah sana, tapi kalau ada ke sana, Golkar akan di barisan terdepan," tegas kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/10/2010). Dirinya juga meminta agar gerakan penggulingan SBY ini tak perlu ditakuti.  Menurut dia, adanya ketakutan terhadap gerakan melengserkan SBY itu sangat tidak beralasan. Sebab, bagi Priyo, upaya penggulingan SBY terlalu jauh. "Ketakutan terhadap penggulingan pemerintahan saya kita tidak beralasan dan itu terlalu jauh untuk sampai ke sana," ujar politisi muda Golkar yang kini menjabat wakil ketua DPR itu.

Sumber : Vivanews/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami