Tentara Israel Gunakan Bocah Palestina Sebagai Tameng

Nasional / 4 October 2010

Kalangan Sendiri

Tentara Israel Gunakan Bocah Palestina Sebagai Tameng

Lois Official Writer
3147

Sebuah pengadilan militer Israel, Minggu (3/10) memutuskan bersalah atas dua prajurit Israel yang menggunakan seorang anak Palestina sebagai tameng, demikian yang dimuat dalam laman Kompas, hari ini (4/10). Dengan teganya, mereka memaksa seorang anak untuk melakukan sesuatu yang mungkin bisa membahayakan nyawanya sendiri.

Sersan-sersan infantri itu dinyatakan bersalah karena ‘bertindak melampaui wewenang mereka ke titik yang membahayakan kehidupan’ dan ‘bertindak tidak pantas’, demikian yang diungkap oleh salinan putusan pengadilan yang disediakan militer.

Tanpa mengindahkan keselamatan sang anak dan dengan memikirkan keselamatan mereka sendiri, keduanya memaksa sang anak untuk memeriksa jebakan bom selama perang Gaza 2008-1009. Mereka juga memerintahkan seorang anak yang masih berusia sembilan tahun untuk memeriksa tas-tas yang disita dari orang Palestina yang ditangkap.

Perbuatan yang dilakukan kedua tentara Israel ini sungguh tidak bijak, membahayakan keselamatan seorang anak kecil, yang notabene tidak bisa apa-apa untuk menyelamatkan dirinya sendiri, demi kepentingan mereka sendiri, agar mereka sendiri selamat. Apa yang mereka tabur, itulah yang mereka tuai, akhirnya mereka pun mendapatkan hukuman.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami