Tempatkan Orang Yang Tepat di Tempat yang Tepat

Tempatkan Orang Yang Tepat di Tempat yang Tepat

Lois Official Writer
2935

Pakar Fisika pemenang Hadiah Nobel bernama Carl Wieman resmi bergabung dalam pemerintahan Barack Obama setelah mendapat persetujuan Senat seabgai direktur sains pada Office of Science and Technology Policy (OSTP), Gedung Putih. Wieman adalah fisikawan pemenang Nobel kedua yang dipilih Barack Obama, setelah Menteri Energi Steven Chu.

Wieman (59), akan melaporkan tugasnya kepada rekannya sesama fisikawan yang kini menjadi kepala OSTP, John Holdren, yang sudah terlebih dahulu bergabung di Gedung Putih tahun 2009. Holdren adalah lulusan Universitas Harvard. Dia akan mengepalai divisi sains dari OSTP.

Tugas OSTP sendiri adalah memberikan nasehat kepada Presiden AS mengenai dampak sains dan teknologi terhadap masalah dalam negeri AS dan hubungan luar negeri negara tersebut.

Fisikawan yang meraih Nobel tahun 2001 bersama fisikawan Wolfgang Ketterle dan Eric Cornell untuk karya mereka dalam optik atom itu meninggalkan kampusnya Universitas British Columbia (UBC) tanpa mendapat kompensasi apa-apa. Di universitas itu dia menjadi Carl Wieman Science Education Initiative (CWSEI). CWSEI ini didirikan pada tahun 2007 karena dia ingin mengubah cara pengajaran sains di UBC dan beberapa universitas lainnya.

Wieman berpandangan bahwa pola radikal dalam pendidikan sains itu mutlak karena hampir semua data dari riset dalam pendidikan sains memperlihatkan bahwa dalam perkuliahan biasa, mahasiswa hanya belajar sedikit mengenai sains.

Di Indonesia banyak sekali orang-orang yang bertalenta di bidangnya masing-masing, kalau saja keahlian mereka tersebut dapat dipakai pada tempat yang tepat, mungkin Indonesia akan mengalami kemajuan yang signifikan di berbagai bidang, karena terbukti masyarakat Indonesia ternyata lumayan, bahkan meraih berbagai penghargaan internasional

Sumber : antaranews/lh3

Ikuti Kami