Kenapa Hal Sepele Penting Dalam Persahabatan

Single / 29 September 2010

Kalangan Sendiri

Kenapa Hal Sepele Penting Dalam Persahabatan

Lestari99 Official Writer
6897

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat hal-hal kecil dalam persahabatan menjadi begitu penting.

Kepercayaan

Persahabatan didasarkan atas kepercayaan. Hal ini akan sulit didapat jika hubungan satu sama lain hanya terjadi pada momen-momen penting. Kepercayaan dibangun dengan mengetahui satu sama lain, memahami cara berpikir dan juga tindakan sahabat kita. Kita memang tidak harus bertemu setiap hari tapi harus dilakukan secara teratur agar kepercayaan itu dapat bertumbuh. Sebuah persahabatan sesungguhnya menghindari formalitas. Tahu bahwa diri kita atau sahabat kita ada bagi satu sama lain bahkan untuk hal-hal kecil seperti berteriak bersama, atau mengemukakan hal yang tidak penting tanpa merasa dihakimi. Aspek kecil dalam persahabatan ini harus dijalani untuk membangun kepercayaan satu dengan yang lain.

Dapat Diandalkan

Jika kepercayaan menjadi dasar dari sebuah persahabatan, maka dapat diandalkan menjadi hal penting berikutnya. Dapat diandalkan tidak hanya terjadi di momen-momen penting ketika kita sedang butuh satu sama lain saja, tapi juga dalam hal-hal kecil yang dapat dijadikan preseden bagaimana persahabatan kita akan mengatasi hal-hal yang besar. Jika kita dapat menunjukkan kita dapat diandalkan dalam hal-hal kecil, maka kita cenderung dapat dipercaya dalam aspek yang lebih besar. Faktanya adalah jika kita ingin memberi pengaruh dalam kehidupan satu sama lain maka kita harus hadir untuk hal-hal kecil sebagaimana untuk hal-hal besar.

Penghargaan

Unsur tersembunyi dalam persahabatan adalah sisi rohani. Sahabat yang baik akan berusaha membuat kerohanian sahabatnya menjadi lebih baik. Hal ini tidak harus dikatakan tetapi dapat dirasakan dan kita mengetahui hal ini ketika kita mensyukuri apa yang kita terima maupun yang dapat kita berikan kepada sahabat kita ketika akhirnya hal ini terjadi. Hal-hal kecil terkadang menjadi sebuah jalan untuk membuat perbedaan yang paling besar. Faktanya bahwa perubahan ini seringkali tak terduga, tanpa pamrih, dan ketika kita dapat melakukan hal-hal kecil itu satu sama lain, maka persahabatan itu dapat bertahan selamanya. Hal-hal kecil dalam persahabatan adalah faktor-faktor yang membangun kenangan dan membuat kita merasakan betapa pentingnya arti persahabatan yang kita miliki.

Berkat

Meskipun kita melakukan banyak hal di antara satu sama lain dengan niat yang tulus, ada unsur yang lebih tinggi lagi dalam sebuah persahabatan. Tuhan mengawasi setiap upaya kita dan mengetahui isi hati setiap manusia. Jika perbuatan baik menjadi sebuah kebiasaan karena kita bersedia memberikan waktu kepada orang lain bahkan untuk hal-hal sepele jauh dari rutinitas kita sehari-hari, maka Tuhan juga akan memberkati kita karena tindakan-tindakan ini. Berkat datang lewat memberi. Jika kita tetap memberi meskipun tidak diharapkan, atau ketika kita tetap memberi meskipun tidak diminta maka berkat yang akan kita terima pun lebih besar.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami