Bugar Dengan Olahraga Ringan Di Rumah

Fit & Charming / 29 September 2010

Kalangan Sendiri

Bugar Dengan Olahraga Ringan Di Rumah

Lestari99 Official Writer
7468

Tahukah Anda untuk menjaga agar jantung Anda sehat dan berat badan Anda terkontrol, Anda perlu berjalan paling sedikit 10.000 langkah setiap hari? Angka ini mungkin terdengar menakutkan tapi banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan sehari-hari seperti menjalankan tugas melakukan pekerjaan rumah tangga dapat menambah hingga beberapa ratus bahkan beberapa ribu langkah bagi Anda.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan memastikan Anda mencapai 10.000 langkah setiap hari, berikut adalah beberapa latihan simple dan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah.  Latihan rutin ini tidak hanya membantu Anda agar tetap fit tapi juga menyelaraskan kerja tubuh Anda. Latihan ini jauh lebih efektif daripada latihan dengan melakukan pekerjaan rumah tangga. Berikut ini adalah latihan yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah:

Latihan peregangan. Berdiri dengan kedua tangan Anda menghadap dinding dan pindahkan kaki kiri ke belakang sehingga kaki Anda rata ke lantai. Tahan selama beberapa detik, kemudian ulangi gerakan ini dengan menggunakan kaki kanan. Latihan peregangan bagus lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan berbaring telentang, gunakan kedua tangan untuk membawa lutut kanan ke dada Anda dan tahan selama beberapa detik. Lakukan kembali gerakan ini dengan menggunakan kaki kiri.

Kayang sangat mudah untuk dilakukan. Hanya berbaring telentang dengan kedua tangan di belakang kepala. Kemudian naikkan tubuh bagian atas Anda. Ulangi latihan ini untuk 15-20 kali.

Latihan kaki dapat dilakukan dengan berbaring menyamping dan mengangkat setiap kaki berulang-ulang selama 15-20 kali. Anda juga dapat berdiri dengan berpegangan pada sandaran kursi lalu angkat kaki Anda ke belakang secara berulang kali.

Latihan lengan. Hal ini penting untuk meningkatkan kinerja otot. Untuk latihan lengan, Anda bisa menggunakan ban untuk berlatih. Tempatkan kedua kaki pada salah satu ujung tali ban, pegang ujung-ujung lainnya dengan tangan masing-masing kemudian naikkan dan turunkan ban tersebut berulang kali. Lakukan gerakan ke atas dan ke bawah ini selama 10-15 menit. Jika Anda memiliki sepasang dumbbell, Anda juga dapat menggunakannya untuk melatih lengan Anda.

Jika Anda bekerja di rumah dan menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan komputer, cobalah untuk menekan jari kaki Anda ke lantai dan lakukan gerakan ke atas dan ke bawah sesering mungkin. Kegiatan ini akan membantu menjaga sirkulasi darah mengalir di kaki Anda.

Jika Anda tahu berdansa, pasanglah CD musik dan berdansalah selama sekitar 20-30 menit. Latihan ini sangat efektif untuk kardiovaskular. Anda juga dapat menggabungkannya dengan push up, sit up dan lompat tali ke dalam latihan rutin Anda di rumah.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami