Uskup Agung Canterbury : Uskup Gay? No Problem!

Internasional / 28 September 2010

Kalangan Sendiri

Uskup Agung Canterbury : Uskup Gay? No Problem!

Lois Official Writer
4011

Uskup Agung Canterbury mengatakan Gereja Anglikan tidak mempermasalahkan kaum homoseksual menjadi uskup. Hanya saja, dia tidak menyetujui jika para uskup tersebut memiliki hubungan khusus dengan kaum homoseksual lainnya atau sampai memiliki pasangan.

“Tidak masalah uskup adalah seorang gay, ini tentang fakta bahwa ada tradisional, secara histories,” demikian ungkap Uskup Agung Dr. Williams dalam sebuah wawancara. Dia mengakui dia ingin menyederhanakan posisi gereja. Ketika ditanya apa yang salah dengan uskup homoseksual memiliki pasangan, Dr. Williams menjawab bahwa pendekatan Alkitab dan tradisional tidak memberikan banyak penjelasan positif tentang hal itu. Jadi, mungkin dia menganggap bahwa dari situlah uskup homoseksual tidak bisa mempunyai pasangan, apalagi pasangan homoseksual.

Williams mengakui dalam menyikapi masalah ini gereja masih terbelah. “Saat ini gereja juga belum menemui jalan keluar masalah ini.” ujarnya kepada majalah The Times saat berdiskusi membahas topik penganiayaan kaum homoseksual di negara-negara seperti Uganda, yang memicu intoleransi.

Mengenai kasus kekerasan agama, Williams menegaskan perlunya agama-agama bersatu. “Kita saling membutuhkan, meski kita tidak saling suka,” begitu ungkapnya. Jadi, jika semua umat beragama saling bertoleransi tinggi karena kita semua membutuhkan satu sama lain.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami