PGI Serukan Umat Kristen Menjaga Keberagaman

Internasional / 28 September 2010

Kalangan Sendiri

PGI Serukan Umat Kristen Menjaga Keberagaman

Lois Official Writer
2848

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Lampung menyerukan agar seluruh umat Kristiani di Indonesia tetap menjaga keberagamanan dan mengedepankan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita tahu ada upaya memprovokasi ketidakharmonisan antarumat beragama, salah satunya dengan insiden penusukan di Bekasi, namun kita jangan terpancing,” kata Anggota Majelis Pengurus Harian PGI Wilayah Lampung, Agus Sutomo.

Agus menyatakan sikap bijak dalam menghadapi persoalan bangsa yang terjadi saat ini mutlak diperlukan agar tidak menjadi pemicu ketidakharmonisan hubungan antarumat beragama. Selain itu, dia juga menekankan pentingnya tekad untuk mengambil peran dalam penyaluran aspirasi umat Kristiani sebagai kaum minoritas, dengan cara menjadi bagian sebagai anggota DPR dan DPRD.

“Ini penting, agar kita bisa mengambil peran dalam membangun bangsa ini ke depan,” kata dia. Menurutnya, selama ini umat Kristiani hanya menjadi penonton dan belum mempertimbangkan untuk menjadi bagian dari pelaku yang memperjuangkan aspirasi bagi kemajuan bangsa dan negara. Hal ini dinyatakannya dalam Ibadah Raya Peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 PGI yang diadakan di Balai Keratun Komplek Pemerintah Provinsi Lampung, Minggu malam (26/9).

Acara itu dihadiri oleh kurang lebih 500 umat dari sekitar belasan gereja yang bernaung di bawah PGI Wilayah Lampung. “Agama dibuat untuk kebaikan seluruh umat manusia, dan peringatan hari jadi ini dapat menjadi momentum untuk menjaga kebergaman,”kata Pendeta DR Frans Ladestam M. Sinaga. Sementara itu, Gubernur Lampung, yang sambutan tertulisnya dibacakan oleh Kepala badan Kesbangpol Pemprov Lampung, Hidayat, meminta agar PGI dapat memberi sumbangsih dalam membina kondusivitas di dalam keberagaman umat beragama, demi stabilitas pembangunan. “Keberadaan umat Kristiani memiliki peran strategis dalam pembangunan kerukunan umat beragama, sehingga momen ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkannya,” kata dia.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami