Tentara Gemuk Di Singapura Was-Was

Serba-Serbi Sehat / 25 September 2010

Kalangan Sendiri

Tentara Gemuk Di Singapura Was-Was

Lestari99 Official Writer
4391

Tentara memang identik dengan berat badan ideal karena sesuai dengan fungsi kerjanya, mereka dituntut untuk siap berperang kapan saja. Dasar inilah yang membuat pemerintah Singapura mengeluarkan sebuah peraturan yang tidak biasa.

Seperti ditulis oleh Harian The Straits Times, Jumat (24/9), tentara, pelaut dan penerbang yang mengalami kelebihan berat badan telah menerima surat peringatan dari Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) sejak awal tahun ini. Mereka diharuskan menurunkan berat badan setidaknya sepuluh persen dalam jangka waktu satu tahun. Jika tidak, mereka terancam dipensiunkan.

Menteri Pertahanan Singapura membenarkan bahwa SAF telah menerapkan program manajemen berat badan terhadap prajurit-prajuritnya. Hal ini dimaksudkan agar para prajurit berseragam menjalankan gaya hidup sehat guna menjamin kesiapan mereka dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan serta memberikan kontribusi yang efektif kepada SAF.

Program ini sebenarnya sudah diterapkan semenjak tahun 1992 namun pada saat itu tidak mengenakan sanksi pemberhentian bagi mereka yang tidak berada dalam kondisi berat badan ideal.

Harian The Straits Times memperkirakan tentara aktif mencapai 20.000 orang, dan mereka semua diwajibkan untuk mengikuti tes yang mengacu kepada Indeks Berat Badan (BMI) setiap tahunnya, sebagai indikator standar kesehatan, yang juga mendeteksi persentase jumlah lemak dalam tubuh mereka.

Tentara gemuk? No way!

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami