Mau Tahu Anggaran Rumah Dinas Presiden?

Nasional / 23 September 2010

Kalangan Sendiri

Mau Tahu Anggaran Rumah Dinas Presiden?

Lois Official Writer
2707

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sering menyarankan berhemat, tapi diberitakan bahwa anggaran untuk furnitur di rumah dinasnya mencapai angka fantastis, yaitu Rp 42 miliar. “Ini jelas tidak sensitif terhadap kehidupan masyarakat miskin” demikian menurut Uchok Sky Khadafi dari LSM Fitra.

Tentu saja furnitur yang dibeli berkualitas mewah dengan uang sebanyak itu untuk mengisi rumah dinas Presiden. “Pembelian furnitur untuk ruang rumah jabatan akan dipenuhi furnitur yang mewah. Tentu saja anggaran pembelian furnitur dan renovasi gedung Sekretariat Negara ini sangat boros,” kata Uchok kemudian kepada Tribunnews.com, Rabu (22/9).

“Anggaran ini fantastis dan mewah untuk kepentingan pencitraan dirinya dan juga untuk mempercantik istana yang ditempatinya. Ini jelas tidak sensitif terhadap kehidupan masyarakat miskin,” katanya. “Jika ini dibiarkan, hal ini menunjukkan Presiden tidak konsisten dengan pernyataan-pernyataannya selama ini. Presiden SBY selalu mengajak rakyat untuk berhemat, tapi justru Presiden sendiri tidak pernah melakukan penghematan anggaran,” katanya lagi.

Uchok mengatakan SBY seharusnya melakukan rasionalisasi terhadap anggaran rumah dinasnya. Jika tidak, berarti SBY terang-terangan menghambur-hamburkan uang negara di depan kemelaratan rakyat. LSM Fitra juga meminta Komisi II DPR berani merasionalisasi dengan melakukan pemangkasan anggaran.

Berdasarkan sumber LSM Fitra, berikut adalah anggaran yang ada dalam menggunakan uang negara :

Alokasi anggaran rumah dinas presiden Rp 203.8 miliar

Pembelian baju presiden Rp 839 juta

Renovasi gedung Setneg Rp 60 miliar

Road blocker Rp 49 miliar

Pengamanan fisik dan non fisik WIP presiden Rp 52 miliar

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami