Gereja Sampaikan Firman dengan Berbalas Pantun

Internasional / 21 September 2010

Kalangan Sendiri

Gereja Sampaikan Firman dengan Berbalas Pantun

daniel.tanamal Official Writer
12219

Ada yang unik dari Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Bukit Indah Sukajadi, Batam, Kepri untuk memperingati bulan keluarga. Gereja ini menyelenggarakan sebuah kegiatan berbeda untuk melestarikan budaya Indonesia dan mendukung multikulturisme.

Pada ibadah Minggu lalu, semua jemaat berpakaian adat Melayu dan pujian-pujian yang biasanya mengisi kebaktian diganti dengan berbalas pantun nasihat. Isi dari pantun-pantun yang disampaikan adalah Firman Tuhan.

"Pada bulan keluarga ini kami ingin mengajarkan kepada pemuda-pemudi gereja untuk melestarikan budaya. Dan karena saat ini kami bernaung di tanah melayu ini, maka pelestarian dari adat-adat yang ada di daerah ini juga menjadi tanggung jawab dari gereja, khususnya jemaat dari GKI Sukajadi," kata Riginoto Wijaya, Penatua bidang Pelayanan dan Kesaksian GKI Sukajadi Batam, Minggu.

Menurut Riginoto, penyelenggaraan bulan keluarga dengan menampilkan budaya dan adat Melayu tersebut juga merupakan suatu bentuk dukungan Gereja, khususnya GKI Sukajadi terhadap Multikulturisme yang ada di kota Batam.

Menurutnya, meski masyarakat kota Batam berasal dari berbagai kultur namun memiliki tujuan yang sama dan telah menunjukkan komitmen untuk sama-sama membangun kota itu.

Kegiatan serupa yang menampilkan budaya daerah, kata dia, sudah sering dilaksanakan oleh GKI Sukajadi. Setiap kali ada kegiatan Gerejawi, selalu diisi dengan budaya daerah warga yang ada di Batam.

"Setelah kegiatan ini, panitia bulan keluarga langsung melakukan bakti sosial di TPA punggur. Panitia akan membagikan sembako di sana. Nanti kebaktian kedua pada sore nanti akan ada kegiatan serupa," ujar Riginoto.

Sumber : Tribun News Batam/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami