Menjadi Orangtua Yang Lebih Baik

Parenting / 20 September 2010

Kalangan Sendiri

Menjadi Orangtua Yang Lebih Baik

Lestari99 Official Writer
3229

Menjadi orangtua merupakan salah satu pekerjaan terpenting bagi siapapun yang memilikinya. Dibutuhkan banyak kerja keras dan tekad untuk menjadi orangtua yang penuh dengan kasih dan mendukung anak-anak mereka.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi orangtua yang baik dan membawa kebahagiaan yang lebih serta anak-anak yang lebih sehat. Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda melalui beberapa situasi yang sangat sulit dengan anak Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa semua orangtua dapat merasa frustrasi. Mendidik anak dapat menghabiskan banyak waktu dan energi Anda. Mengasuh anak akan menjadi begitu sulit jika Anda memiliki masalah dalam hidup Anda seperti mengkuatirkan pekerjaan Anda, tagihan Anda maupun masalah dalam hubungan Anda. Dan hal ini bahkan bisa menjadi semakin buruk ketika Anda terlibat dengan obat-obatan atau alkohol. Menjadi orangtua yang baik tergantung pada cara Anda mengatasi masalah bahkan jika itu berarti Anda terbantu dengan adanya suatu masalah.

Beristirahat menjadi orangtua ketika Anda sedang frustrasi bukan hal yang buruk. Setiap orang terkadang perlu beristirahat dari rutinitasnya sebagai orangtua. Jika Anda memiliki orang lain dalam keluarga yang dapat membantu Anda, mintalah bantuan mereka dan larikan diri Anda sejenak dari hal itu. Bergantianlah dengan pasangan Anda atau anggota keluarga lainnya agar Anda tidak perlu tidur larut di akhir pekan ataupun menjalankan tugas lainnya.

Tidak hanya ada satu cara untuk menjadi orangtua yang baik. Tidak ada yang namanya orangtua sempurna atau anak sempurna dalam hal ini. Anda harus menunjukkan kasih kepada anak-anak Anda. Katakan kepada mereka apa yang Anda rasakan mengenai mereka dan betapa mereka begitu spesial bagi Anda. Itu adalah bagian terpenting dari menjadi orangtua yang baik.

Pastikan Anda mendengarkan ketika anak-anak Anda berbicara. Katakan kepada mereka bahwa mereka penting dan Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan. Bagian lain dari menjadi orangtua yang baik adalah dengan membuat anak Anda merasa aman. Menenangkan mereka ketika mereka takut. Jangan memperkatakan hal-hal yang dapat menakuti mereka atau melibatkan mereka dalam masalah keluarga. Hal ini hanya akan membuat mereka takut dan kuatir.

Menjadi orangtua yang baik juga mengharuskan Anda untuk memuji anak-anak Anda. Ketika anak-anak Anda belajar sesuatu yang baru atau berhasil mengerjakan sesuatu, Anda harus mengatakan kepada mereka betapa bangganya Anda terhadap mereka. Ketika anak Anda berbuat salah, Anda tidak boleh mengatakan hal-hal yang buruk kepada mereka. Menjadi orangtua yang baik berarti Anda harus menjelaskan apa yang mereka lakukan dan mengapa hal itu salah.

Bersikaplah konsisten dengan anak Anda dan jagalah agar aturan Anda dapat dimengerti dengan jelas oleh mereka. Jika Anda memiliki lebih dari satu orang anak, perlakukan mereka dengan sama dengan tidak menganak-emaskan yang lain. Menjadi orangtua yang baik berarti melakukan semua hal di atas dan masih banyak lagi lainnya. Luangkan waktu Anda dan nikmati setiap momen yang Anda miliki bersama dengan anak Anda.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami