Inovasi Baru Memakai Pakaian : Disemprotkan

Nasional / 20 September 2010

Kalangan Sendiri

Inovasi Baru Memakai Pakaian : Disemprotkan

Lois Official Writer
3305

Cara lama dan sampai saat ini dipakai oleh semua orang dalam memakai pakaian adalah dengan cara memasukkannya di atas kepala dan juga memasukkan tangan-tangan Anda ke dalamnya. Sekarang, ada cara yang lebih menarik yang bisa dipakai, dengan cara disemprotkan. Kok bisa?

Berkat campuran yang terdiri dari serat katun, terobosan cara berpakaian ini tercipta. Semprotan baju berlabel Fabrican, singkatan dari fabric in an aerosol can atau kain dalam kaleng aerosol adalah hasil pemikiran desainer Spanyol, Dr. Manel Torres yang 10 tahun berkutat mengembangkan temuan ini.

Dr. Torres dibantu oleh Paul Luckham, professor teknologi partikel dari Imperial College London untuk menciptakan Fabrican, yang bahan-bahannya terdiri dari serat kapas, polymer, dan bahan pelarut yang menjaga campuran itu tetap berbentuk cairan.

Dalam video demonstrasi penggunaan Fabrican, Torres menyemprotkan kaus ke tubuh model laki-laki hanya dalam waktu 15 menit. Pakaian semprot itu punya kemampuan mongering dengan cepat ketika menyentuh kulit. Hebatnya, ini bukan kaus sekali pakai. Pakaian semprot ini bisa dilepas, dicuci, dan dipakai berulang kali.

Pakaian semprot ini juga memungkinkan pemakainya berkreasi. Jika bosan dengan model lama, material pakaian semprot bisa digunakan untuk membuat pakaian baru atau memperbaiki desain yang dirasa ketinggalan jaman.

Torres mengatakan temuannya diharapkan bisa menciptakan pakaian instant dan berharga murah, tapi tentu saja pas. “Saya sungguh ingin bisa membuat material yang futuristic, tanpa jahitan, cepat dan juga nyaman,” katanya seperti dalam laman Daily Mail. Ia mengakui temuannya memang menyimpang dari prinsip fashion yang menyatukan serat dan menjahitnya menjadi pakaian. “Ini menunjukkan bagaimana sains dan teknologi bisa membantu para perancang fashion,” tambahnya.

Saat ini Torres sedang mengembangkan temuannya, terutama menjawab fakta bahwa tak semua orang suka dengan pakaian yang menempel di setiap lekuk tubuhnya. Dia juga sedang meminimalisasi bau zat pelarut yang ada. Meski beberapa desain spray akan dipamerkan di London Fashion Week, kain instant ini bisa digunakan untuk apapun, untuk perban atau kain pelapis furnitur. Tertarik menggunakan Fabrican? Anda harus menunggu beberapa tahun lagi untuk itu. Mungkin nanti kita akan bisa menyemprotkan untuk dijadikan gaun, atasan, celana panjang, pakaian renang, maupun topi.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami