Kiat Berhemat Praktis

Investment / 13 September 2010

Kalangan Sendiri

Kiat Berhemat Praktis

Lestari99 Official Writer
4119

Biaya hidup yang semakin melangit membuat kita semakin sulit menabung. Apalagi jika sudah berkeluarga, kebutuhan anak dan pasangan cenderung harus selalu dipenuhi. Namun ada langkah-langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghematan dan percayalah Anda bisa terkejut dengan hasilnya.

Langkah 1: Kurangi kebiasaan Anda ngopi di kafe. Dengan memotong uang ngopi, Anda dapat merasakan jumlah uang yang dapat disisihkan.

Langkah 2: Jika Anda biasa membeli buku dengan hanya sekali baca lalu disimpan di rak sampai berdebu, Anda harus mengganti kebiasaan tersebut. Manfaatkan fasilitas perpustakaan atau toko buku yang menyediakan tempat untuk membaca. Anda akan terkagum-kagum dengan uang yang berhasil Anda sisihkan dengan mengganti kebiasaan ini.

Langkah 3: Jika ada rekan sekantor yang tinggal satu area dengan Anda, ikutlah menumpang kendaraan bersamanya baik pergi maupun pulang kantor. Anda bisa menyumbang uang bensin atau menyetir secara bergantian. Selain menghemat uang dan tenaga, Anda dan teman bisa mengobrol ketika jalanan macet untuk menghindari bete. Selain itu Anda bisa membawa bekal dari rumah untuk makan siang Anda. Jumlah uang yang dapat disisihkan dengan tidak mengeluarkan uang jajan makan siang akan membuat Anda terperangah. Percayalah!

Langkah 4: Belilah barang ketika sedang musim discount dan simpan jika Anda belum memerlukannya. Misalnya saja pakaian untuk kerja, gaun pesta, pakaian dalam atau sepatu. Karena itu Anda perlu untuk selalu memasang mata dan kuping kemanapun Anda pergi. Tapi ingat, jangan pernah berbelanja selagi lapar mata karena Anda pasti akan menghabiskan uang lebih banyak. Beli CD atau DVD? Ada baiknya jika Anda menonton teve atau meminjamnya dari teman, mendengarkan radio atau bermain kompouter,

Langkah 5: Matikan lampu ketika tidur. Selain menghemat energi, Anda pun dapat menghemat uang. Jangan berlangganan koran. Berita apapun yang ingin Anda dengar ada di teve, radio dan internet. Cara ini dijamin dapat menghemat pengeluaran Anda. Jika frekuensi penggunaan ponsel Anda tinggi, pastikan pembicaraannya sudah disiapkan. Jangan menelepon terlalu lama karena pulsa akan terus berjalan, dan ingatlah berapa uang yang harus Anda keluarkan.

Langkah 6: Mengubah kebiasaan dan berhati-hati dalam membelanjakan uang tidak berarti Anda harus mengubah seluruh kualitas hidup Anda. Anda tetap bisa menikmati hidup namun dengan tetap memasang rambu-rambu atas pengeluaran Anda.

Selamat mencoba!

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami