Percaya Dokter Atau Internet?

Info Sehat / 12 September 2010

Kalangan Sendiri

Percaya Dokter Atau Internet?

Lestari99 Official Writer
4937

Apakah Anda cenderung mencari tahu di google perihal gejala penyakit Anda sebelum memeriksakannya ke dokter? Sebuah survey menunjukkan hasil yang mengejutkan karena sebagian besar orang pergi ke dokter Google sebelum pergi ke dokter yang sebenarnya. Apakah ini keren? Saya pikir memang demikian. Mari kita bahas mengenai kesehatan melalui googling...

Sebuah survei di Inggris mengungkapkan sebanyak 60 persen orang memanfaatkan internet untuk mendiagnosa sakit dan keluhan yang mereka rasakan, bukan berkonsultasi dengan dokter yang sebenarnya. Survei tersebut juga melaporkan bahwa mendiagnosis diri sendiri dapat mengarah pada kecemasan dan kesalahan medis.

Sementara itu para ahli kesehatan memperingati bahaya diagnosis online seperti itu. Sangat tidak aman untuk membaca tulisan singkat di internet dan mendiagnosa diri Anda dengan penyakit langka, dan juga tidak baik bagi kesehatan jiwa Anda jika Anda pada akhirnya diliputi oleh kecemasan. Setiap orang yang pernah menggunakan ‘jasa’ dokter Google tahu apa yang saya maksud.

Namun ada satu poin penting yang ingin saya tekankan: perawatan kesehatan merupakan kolaborasi – antara Anda dan dokter Anda serta penyedia layanan kesehatan. Dan itu artinya Anda perlu berpartisipasi di dalamnya. Cari tahu mengenai gejala penyakit Anda dan segala hal di baliknya melalui internet. Beberapa tahun ini saya sedang berada di posisi dimana saya memperbarui dokter tentang berita penelitian terbaru mengenai kondisi kesehatan tertentu ataupun juga berbagi informasi pengobatan terbaru yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Seandainya saya tidak membagikan informasi tersebut, paling tidak dalam dua kali kejadian, kondisi kesehatan saya bisa semakin arah. Saya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa saya lebih tahu dari para dokter, namun dari kasus saya, saya telah melakukan pekerjaan rumah saya dan menjadi advokat kesehatan saya sendiri. Anda pun harus demikian.

Jadi fakta bahwa 60 persen orang mungkin menggunakan google untuk mengetahui gejala sakit mereka dan membuat diagnosis sendiri tidaklah mengejutkan saya, atau membuat saya terlalu kuatir, sepanjang mereka membagikan hasil kecurigaan mereka dan bertemu dengan dokter yang sesungguhnya.

Coba pikirkan hal ini, seberapa banyak mesin pencari berperan dalam perawatan kesehatan Anda?

Sumber : shine
Halaman :
1

Ikuti Kami