TKI Tak Suka

TKI Tak Suka "Dipaksa" Kerja Saat Lebaran

Puji Astuti Official Writer
2674

Sebuah pabrik di Malaysia meminta agar tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia tetap kerja di saat hari raya Idul Fitri. Sekalipun mendapat kompensasi dengan upah harian yang lebih besar, sebenarnya para TKW tersebut keberatan karena harus menggantikan para pekerja Malaysia yang berlebaran.

"Walaupun upah harian dibayar lebih besar tapi kami sebenarnya lebih senang tetap di rumah merayakan Idul Fitri bersama teman atau ke kedutaan Indonesia. Saya termasuk yang diminta bekerja pada hari Lebaran pertama, Jum`at, 10 September 2010," kata Maryani (nama samaran), salah seorang TKW Indonesia yang bekerja di Western Digital, Sungai Way, Selangor, Kamis.

Tindakan Western Digital tersebut dinilai diskriminatif dan protes sudah pernah dilayangkan oleh Union Migrant Indonesia, namun tidak ditanggapi. Menurut Muhammad Igbal, Presiden Union Migrant Indonesia, apa yang dilakukan Western Digital ini telah melanggar kontrak kerja, karena seharusnya buruh mendapatkan cuti dan libur di hari-hari besar keagamaan. Namun undang-undang memperbolehkan para buruh dipekerjakan di hari raya asalkan kompensasi gaji atau upah besarannya tiga kali dari upah normal.

Sumber : Antara News

Ikuti Kami