Hati-hati Dengan Klaim Berlebihan Minuman Berenergi

Serba-Serbi Sehat / 11 September 2010

Kalangan Sendiri

Hati-hati Dengan Klaim Berlebihan Minuman Berenergi

Puji Astuti Official Writer
4065

Badan kesehatan pengawas obat dan makanan Amerika FDA memberikan peringatan kepada produsen Dry Ginger Canada dan teh Lipton karena membuat klaim gisi yang meragukan tentang teh hijau mereka.

Peringatan serupa juga dilayangkan kepada Unilever, atas pernyataan yang mereka buat tentang Lipton Green Tea. Label produk dan pernyataan para produsen minuman tersebut dianggap tidak tepat dan dapat menyesatkan konsumen karena para produsen menambahkan nutrisi dan vitamin sehingga membuat minuman tersebut tampak sebagai obat dan pencegahan penyakit.

Pihak Unilever dan Dr Pepper Snaple Group menyatakan akan bersedia bekerjasama dengan FDA dalam menyikapi peringatan tersebut.

Saat ini bisnis minuman yang diperkaya nutrisi dan vitamin telah berkembang menjadi usaha yang bernilai milyaran dolar. Seringkali para produsen membuat klaim yang menyesatkan, dengan melebih-lebihkan manfaat produk mereka. Untuk itu masyarakat hendaknya lebih waspada lagi ketika mengkonsumsi suatu produk, karena minuman dalam kemasan selain mengandung gula yang tinggi juga memiliki kandungan pengawet dan perwarna. Jika terlalu sering mengkonsumsi, dalam jangka waktu lama akan membahayakan kesehatan.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami